Jakarta (ANTARABanten) - Sebanyak 11 pekerja bangunan asal Serang Provinsi Banten ikut produsen semen PT Holcim Indonesia Tbk pergi ke Afrika Selatan untuk menonton final pertandingan sepak bola dunia.

"Mereka merupakan pemenang kejuaraan sepak bola yang kami selenggarakan bagi ahli bana gunan (pekerja bangunan) di wilayah pemasaran Holcim," kata Manager Pemasaran dan Brand Group PT Holcim Indonesia tbk, Apsara Herman di Jakarta, Jumat.

Apsara mengatakan, total yang diberangkatkan ke Afrika Selatan sebanyak 15 orang, sedangkan 4 lainnya merupakan pemain terbaik, serta perwakilan dari tim yang menjadi pemenang kedua dan ketiga.

Dia mengatakan, penyelenggaraan pertandingan sepak bola yang dinamakan Holcim Gala Bola memang baru pertama kali dilaksanakan dengan peserta pekerja bangunan di wilayah pemasaran Holcim.

Direktur Pemasaran dan Inovasi Holcim Indonesia, Patrick Walser berjanji untuk menyelenggarakan kegiatan ini secara berkala untuk membina sepak bola di Indonesia.

Apsara mengatakan, 15 pekerja bangunan ini sebelumnya sempat bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Andi Mallarangeng untuk kemudian secara resmi dilepas kepergian ke Afrika Selatan untuk menonton pertandingan final.

Apsara mengatakan, Holcim Gala Bola dimulai tanggal 27 Maret 2010 diselenggarakan di 32 kota besar di Jawa dengan melibatkan 1.024 kesebelasan dari kalangan pekerja bangunan.

Pertandingan semi final dan final diselenggarakan di Jakarta tanggal 1-2 Mei 2010 yang diikuti kesebalasan sepak bola  dari Surabaya, Serang, Surakarta, dan Subang, jelasnya.

Apsara mengatakan, pada sesi final mereka mendapat pelatihan langsung dari pemain sepak bola nasional Indonesia.

Saat ditemui Kapten kesebalasan Putra Drangon Serang, Rusjayadi (20) mengaku baru kali ini berpergian ke luar negeri.

"Kan ada yang mengawal jadi disana kami tidak akan bingung," katanya.

Rusjayadi mengaku hanya berlatih dua bulan saja dengan teman-teman sesama pekerja bangunan untuk mengikuti pertandingan Holcim Gala Bola.

"Kami minta izin dulu dengan mandor tempat proyek kami bekerja untuk latihan dan ternyata dikabulkan sampai akhirnya menang dan ikut ke Afrika Selatan," ujarnya.

Para pekerja bangunan ini berangkat pada malam hari ini serta sampai diperkirakan pada hari Sabtu sehingga masih ada waktu untuk istirahat sebelum menonton pertandingan final pada hari Minggu.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010