Pandeglang (ANTARABanten) - Panitia khusus pemekaran wilayah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pandeglang segera mengirimkan rekomendasi pemekaran ke pemerintah Provinsi Banten.

"Kami segera mengirimkan rekomendasi pada pemerintah provinsi (pemprov) untuk melanjutkan pemekaran dan mengusulkan pembentukan dua kabupaten baru pada pemerintah pusat," kata ketua panitia khusus pemekaran wilayah DPRD Pandeglang Ferry Irawan di Pandeglang, Senin.

Surat rekomendasi itu juga akan dilampiri dengan persyaratan dan hasil pembahasan serta tinjauan lapangan yang telah dilakukan pansus.

Rekomendasi itu, kata dia, di antaranya berisi persetujuan DPRD terhadap ibukota dua calon kabupaten itu, berdasarkan usulan dari masyarakat setempat.

"Untuk ibu kota Kabupaten Cibaliung yakni Kecamatan Cibaling dan Caringin ibu kotanya Kecamatan Caringin, itu berdasarkan usulan masyarakat dan setelah melakukan penelitian serta kajian pansus dapat menyetujuinya," kata politisi dari Partai Hanura itu.

Pansus, kata dia, juga akan melaporkan hasil pembasan dengan pemerintah Kabuupaten Pandeglang yang menyetujui pemberian subsidi untuk operasional pemerintahan di dua kabupaten baru itu selama dua tahun berturut-turut serta bantuan dana pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Bantuan dana pilkada dan operasional pemerintahan tahun pertama akan  lansung kita berikan setelah kabupaten itu resmi dibentuk, dan bantuan operasional pemerintah kedua akan diserahkan setahun kemudian," katanya.

Mengenai nilai bantuan, menurut dia, untuk operasional pemerintahan masing-masing Rp3 miliar per tahun, berarti untuk tahun masing-masing dibantu Rp6 miliar.

Demikian juga dengan dana bantuan penyelenggaraan pilkada, telah setujui masing-masing Rp3 miliar.

Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten akan dimekarkan menjadi tiga kabupaten, yakni Pandeglang sebagai induk dan Cibaliung dan Caringan sebagai daerah pemekaran.

Pemekaran wilayah itu atas desakan dari masyarakat di wilayah selatan yang menuntut pembentukan Kabupaten Cibaliung dan warga di wilayah tengah meminta pembentukan Kabupaten Caringin.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010