Sebanyak 48 Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Kota Tangerang Selatan yang tergabung dalam tim Dari Kami untuk Negeri (Dakauri) mengikuti Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan melakukan pembangunan pipa air bersih sepanjang dua kilometer di Kampung Surupan, Desa Sukaresmi, Cianjur.

Chaerul Anwar selaku pembina Dakauri di Tangerang, Selasa (15/9)  mengatakan, hibah PDP2D dari Kemendikbud bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat, melalui upaya peningkatan aksesibilitas, sanitasi lingkungan, penyelesaian krisis air bersih.

Untuk penyelesaian krisis air bersih, para mahasiswa akan membangun pipa sejauh dua kilometer hingga ke pemukiman warga di desa setempat. Pekerjaan telah dilakukan sejak 12 hingga 19 September 2020 mendatang. 

"Ini adalah bagian dari pengabdian untuk masyarakat yang dilakukan mahasiswa," ujarnya.

Selain membantu mengenai ketersediaan air bersih, mahasiswa juga akan memberikan pelatihan kepada siswa setempat, pemuda karang taruna dan penyuluhan yang dilakukan oleh tim dosen. 

"Ini adalah komitmen UPJ dalam menjalankan amanat setelah meraih hibah PHP2D tahun 2020," ujarnya.

Dijelaskannya, Hibah PHP2D merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan memberikan peluang bagi agen perubahan melalui unit kegiatan mahasiswa.

Adapun ruang serta peluang yang dilakukan adalah berbentuk pemberdayaan masyarakat desa untuk lebih aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera. Sementara itu, UPJ mendapatkan hibah PHP2D setelah berkompetisi dengan berbagai perguruan tinggi lainnya.

"Kedepannya, tim Dakauri akan melakukan pemberdayaan masyarakat terhadap wilayah di Banten dan Jawa Barat yang dekat dengan kampus UPJ yang terletak di Tangerang Selatan. Kita ingin memberikan pelatihan kepada anak - anak sekolah dan karang taruna setempat untuk lebih mandiri dan aktif," paparnya.





 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020