Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75, Jajaran Kodim 0601/Pandeglang, secara serentak melaksanakan penyemprotan lahan tanaman dengan cairan BIOS 44 disejumlah lahan percontohan di wilayah Pandeglang, kegiatan tersebut mengambil tema "Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air".

Dandim 0601/Pandeglang Letkol Kav Dedi Setiadi di Pandeglang, Senin (17/8), mengatakan Bios 44 merupakan paduan mikroorganisme yang akan memperkecil hingga menutup rongga-rongga lahan gambut. Karena itu, lahan tersebut tidak akan mudah terbakar. Selain itu Bios 44 berfungsi menormalisasi lahan untuk kembali seperti semula. 

Dandim  menambahkan produk ini diyakini mampu memberikan banyak manfaat untuk dunia pertanian, dan terbukti ampuh untuk menyuburkan tanah. 

"Bios 44 adalah bahan permentasi yang dapat mempercepat proses pembusukan materi organik lahan, sekaligus meningkatkan PH tanah menjadi Normal," katanya.

Menurutnya pupuk Bios 44 juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan lahan pertanian, perkebunan, dan perikanan.

"Dengan memakai produk bio organik ini tidak merusak tanah, karena terbuat dari bahan-bahan alam," tuturnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan mampu memberi contoh kepada para petani, agar kedepan dapat diikuti, sehingga lahan yang kurang produktif menjadi produktif dan dapat meningkatkan hasil panen.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020