Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menginstruksikan kepada seluruh pejabat di OPD hingga Lurah/Camat untuk lebih optimal dalam mensosialisasikan program Tangerang EMAS kepada masyarakat dalam membantu meningkatkan perekonomian di tengah pandemi.

Ia mengatakan, program Tangerang EMAS adalah Program Kerjasama Pemkot dengan Bank BJB cabang Kota Tangerang terkait akses permodalan /perkreditan tanpa agunan dan tanpa bunga bagi Usaha Mikro di Kota Tangerang khususnya dengan biaya administrasi 3 persen dan plafon awal Rp2 juta.

Penyaluran pinjaman dilakukan melalui konsep kelompok usaha yang dibentuk oleh masing-masing pelaku usaha dan telah mendapat rekomendasi dari Dinas Perindagkop Kota Tangerang.

"Bantu masyarakat yang terdampak agar ekonomi kembali optimal. Jadi mereka sudah siap mulai dari permodalan hingga cara pemasarannya," katanya.

Selain itu, warga juga bisa diarahkan untuk mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan seperti pembibitan lele. Lalu, bagi yang sudah memiliki produk maka bisa diajarkan sistem penjualan online.

Wali Kota Arief juga menegaskan, sekarang adalah saatnya berelaborasi, untuk saling melengkapi diantar OPD.

"Saatnya tiap-tiap OPD berelaborasi, jika ada permasalahan lekas dicari solusinya. Terus berikan pelayanan terbaik untuk warga Kota Tangerang," pungkas Wali Kota.

Kepala Disperindagkop-UKM, Teddy Bayu menuturkan, saat ini telah dibentuk kelompok UKM dalam mendapatkan bantuan permodalan tersebut.

"Nanti kita juga lakukan pendampingan dalam penjualan dengan memberikan pelatihan sistem online. Jumlahnya masih kita data," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020