Masyarakat Kota Tangerang Provinsi Banten yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan peliharaannya bisa datang ke klinik hewan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) di Gedung Cisadane Lantai 1.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman di Tangerang Jumat mengatakan pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan tersebut diberikan secara gratis.

Karena saat ini masih dalam masa pandemi, maka warga yang ingin membawa hewan peliharaan agar selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker.

"Mereka datang ke sini harus menggunakan masker, sebelum masuk harus cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, bahkan dokter hewan yang bertugas juga memakai masker saat melakukan pemeriksaan. Jika pemilik hewan peliharaan membawa teman, temannya harus menunggu di luar," katanya.

Kata Abduh, pelayanan klinik hewan gratis yang telah beroperasi sejak September 2019, di masa pandemi ini terbilang meningkat. Dalam satu hari, warga yang datang untuk memeriksa hewan peliharaannya berkisar 20-25 orang.

Perlu diketahui, pelayanan klinik tersebut, dilakukan setiap hari dan selama jam kerja aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Tangerang.

“Kami buka Senin sampai Jumat, jam operasionalnya dari 08.00-16.00 WIB, pada pukul 12.00-13.00 WIB istirahat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, hewan yang seringkali dibawa ke Klinik Hewan DKP hanya hewan kecil seperti kucing, anjing, kelinci, burung. Sedangkan hewan ternak kambing, domba, sapi dan kerbau bisa house call di nomor 02155733115, nanti petugas yang datang ke lokasi.

“Pelayanan gratis sendiri tujuannya untuk memberikan kemudahan dan meringankan biaya pemeliharaan kesehatan hewan yang dimiliki warga,” pungkasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020