Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi meluncurkan “Aji Bromokusumo Center for the Environment and Sustainable Development”, untuk mengenang kader terbaik partainya.

“Ini penghormatan kami untuk Bro Aji Bromokusumo. Pada Mei lalu, turap yang menopang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Tangerang Selatan, jebol.  Sampah masuk ke Sungai Cisadane.  Bro Aji adalah orang yang paling keras bereaksi,” kata Ketua Umum DPP PSI Grace Natalie seusai diskusi online tentang TPA Cipeucang, di Tangerang, Jumat (3/7),

Grace menjelaskan, Aji merupakan Sekretaris Fraksi PSI di DPRD Tangerang Selatan. Segera setelah turap jebol, ia melakukan investigasi. Belum selesai penyelidikan, ia meninggal pada Kamis 25 Juni 2020 karena sakit. 

Sebelumnya kata Grace, Aji berinisiatif untuk melakukan investigasi karena meyakini ada  sesuatu yang tidak beres dibalik tragedi ini. 

Ia juga menambahkan, Aji sangat serius mengawal kasus TPA Cipeucang. Oleh karenanya, kader-kader PSI lainnya akan meneruskan perjuangan Aji.

“Bro Aji sudah memulai, kita yang akan meneruskan komitmen dan perjuangannya. Kita harus ingat, masalah lingkungan bukan isu kecil, melainkan menyangkut kehidupan kita semua. Jika kita menjaga alam, alam akan menjaga kita,” kata Grace. 

“Saya mengenangnya sebagai pekerja keras dan punya totalitas dalam bekerja. PSI sangat kehilangan kader seperti  Bro Aji,” lanjut Grace.

Aji Bromokusumo Center akan mengkaji kebijakan dan legislasi yang berhubungan dengan perlindungan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, juga melakukan aksi nyata yang bermanfaat untuk masyarakat,

Grace berharap Aji Bromokusumo Center ini akan menjadikan isu lingkungan yang memperoleh perhatian jauh lebih besar ketimbang sekarang. 

“Akan baik sekali jika ada sinergi  dari sebuah lembaga pengkajian soal lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, dengan kekuatan politik yang menempatkan isu lingkungan sebagai salah satu isu utama, bukan isu pinggiran,” kata Grace.

Pewarta: Fadzar Ilham

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020