Jakarta (ANTARA) - PD Pasar Jaya menambah jumlah pasokan besek bambu yang didistribusikan ke sejumlah pasar di Jakarta untuk wadah daging kurban karena permintaan yang tinggi dari masyarakat.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Pasar Jaya menyediakan sebanyak 20 ribu besek bambu yang disalurkan melalui 75 pasar tradisional dan 37 toko ritel di bawah Pasar Jaya.

"Itu tahap awal aja, setelah kami release banyak yang pesan dan Alhamdulillah antusiasnya sangat baik. Kita sudah pesan 85 ribu (besek bambu) sampai dengan saat ini," kata Kepala Humas PD Pasar Jaya Amanda Gita Dinanjar saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Anggota DPRD DKI: penggunaan besek bambu harus berkelanjutan
Baca juga: Anies Baswedan terapkan besek bambu untuk daging kurban


Amanda mengatakan bahwa masyarakat sudah bisa mendapatkan besek bambu tersebut di 112 titik pendistribusian yang ada di Jakarta.

"Iya sudah ada di pasar-pasar. Dari Minggu sudah kita droping," kata dia.

Penggunaan besek bambu sebagai wadah direkomendasikan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan melalui Seruan Gubernur DKI No. 4 tahun 2019 tentang Pemotongan Hewan Kurban Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1440H/2019.

Pendistribusian daging-daging kurban yang akan dibagikan pada Idul Adha 2019, diimbau menggunakan besek yang terbuat dari bambu sebagai wadah untuk mengurangi kemasan plastik sekali pakai, seperti kantong plastik yang tidak ramah terhadap lingkungan.

Sebelumnya, Pasar Jaya sudah melakukan sosialisasi pengurangan sampah plastik untuk transaksi menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019