PPIH: Seorang JCH Aceh meninggal dunia di Mekkah

PPIH: Seorang JCH Aceh meninggal dunia di Mekkah

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, M Daud Pakeh. (M ifdhal)

Banda Aceh (ANTARA) - Seorang Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh bernama Salmiyah binti Muhammad Daud (69 tahun) yang berasal dari Pidie Jaya meninggal Rumah Sakit King Faisal, Syisyah Makkah pada 3 Agustus 2019 sekitar pukul 00.42 WAS.

"Kami mendapat Informasi dari Arab Saudi, satu jamaah kita yang tergabung dalam kloter pertama asal Jangka Buya, Pidie Jaya, meninggal dunia karena serangan jantung," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, H M Daud Pakeh di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan jamaah tersebut sebelumnya sempat dirawat di KKHI selama 2 hari dengan keluhan sesak nafas dan cepat lelah, yang bersangkutan didiagnosa mengidap penyakit jantung koroner.

Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Embarkasi Aceh, Muhammad Nasril menambahkan untuk fardhu kifayah, direncanakan shalat jenazah di Masjidil Haram dan pemakaman di Syaraya.

"Saat ini dalam proses pengurusan jenazah bersama pihak maktab untuk proses fardhu kifayah, kita minta dishalatkan di Masjidil Haram dan pemakaman kemungkinan di Syaraya," katanya.

Pada musim haji 2019, Embarkasi Aceh akan memberangkatkan sebanyak 4.682 jamaah yang terdiri dari 60 petugas kelompok terbang, 1.902 jamaah laki-laki dan 2.760 jamaah perempuan yang tergabung dalam 12 kelompok terbang.

Hingga saat ini sebanyak 4.299 jamah calon haji asal Aceh yang tergabung dalam 11 kelompok terbang telah tiba di Tanah Suci dan untuk kloter terakhir asal provinsi itu akan diberangkatkan pada Minggu (4/8).

Baca juga: Calhaj Embarkasi Surakarta yang meninggal di Tanah Suci bertambah dua
Baca juga: Satu calon haji asal Banyumas meninggal di Mekkah
Baca juga: Seorang calon haji Provinsi Banten meninggal dunia di Madinah
Pewarta : M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019