Astra International berupaya dorong perekonomian desa

Astra International berupaya dorong perekonomian desa

Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah, saat memberikan keterangan kepada media di Desa Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (3/8/2019). (Vicki Febrianto)

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - PT Astra International Tbk berupaya untuk terus mendorong perputaran roda perekonomian di wilayah pedesaan, dengan mengedepankan potensi di masing-masing desa yang ada.

Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah mengatakan bahwa, pihaknya mendorong terciptanya aktivitas warga desa yang mampu menarik perhatian masyarakat luas, khususnya para wisatawan untuk memutar roda ekonomi desa.

"Yang kami kejar adalah, menciptakan aktivitas warga yang menjadi magnet bagi orang lain. Dari situ, kami harapkan bisa menciptakan siklus ekonomi yang saling mendukung," kata Riza, pada Festival Kampung Berseri Astra, di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu.

Salah satu langkah yang diambil PT Astra International Tbk untuk mendorong aktivitas warga dan menarik perhatian masyarakat luas melalui penyelenggaraan Festival Kampung Berseri Astra, di Desa Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Riza menambahkan, gelaran festival tersebut, juga mendatangkan kurang lebih 20 orang wisatawan mancanegara. Para wisatawan tersebut, bermalam di rumah-rumah penduduk yang telah menjadi binaan Astra bersama Kementerian Pariwisata.

"Mereka menginap di home stay yang ada di Desa Bumiaji, dengan begitu, akan ada manfaat yang didapatkan masyarakat setempat," ujar Riza.

Untuk wilayah Kota Batu, lanjut Riza, memiliki potensi wisata yang sangat baik. Dengan predikat sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur, masyarakat Kota Batu bisa memanfaatkan kehadiran wisatawan dalam mendorong perekonomian setempat.

Festival Kampung Berseri Astra, merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan dan diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan.

Pada Festival Kampung Berseri, juga menampilkan Pasar Rakyat yang menampilkan produk-produk unggulan Desa Sejahtera Astra dan UMKM binaan lainnya, termasuk pentas seni, dan membatik.

Tercatat, hingga saat ini ada kurang lebih sebanyak 11.896 Usaha Mikro Kecil Menengah yang telah dibina oleh Astra, dan 645 Desa Sejahtera Astra yang tersebar di 34 provinsi di Infonesia.

Desa Bumiaji, merupakan salah satu desa di Jawa Timur yang menyandang predikat sebagai Desa Sejahtera Astra. Desa Bumiaji, dimotori oleh salah satu penerima apresiasi Satu Indonesia Award 2017 yakni Anjani Sekar Arum, atau yang biasa dikenal sebagai Si Batik Bantengan.

Baca juga: Grup Astra perkirakan penjualan motor sekitar enam juta unit pada 2019

Baca juga: PT Astra International Tbk siapkan 1.500 ekor hewan kurban

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019