BI resmikan rumah produksi abon tuna mama Papua

BI resmikan rumah produksi abon tuna mama Papua

Ilustrasi - Para ibu-ibu kelompok nelayan mempraktikan pembuatan abon ikan tuna (ANTARA/Jorie Darondo)

Sorong (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua Barat meresmikan rumah produksi abon ikan tuna di Kota Sorong, Senin, sebagai upaya penguatan kelompok UMKM LED mama-mama Papua.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua Barat, S Doni H Heatubun mengatakan, Bank Indonesia bersinergi dengan Pemerintah Kota Sorong membentuk kelompok binaan UMKM mama-mama Papua guna peningkatan perekonomian masyarakat.

Dia mengatakan, pembentukan kelompok tersebut merupakan upaya Bank Indonesia mengembangkan perekonomian daerah melalui program lokal ekonomi atau LED dan pengembangan produk unggulan daerah. Tugas pokok Bank Indonesia yang paling utama adalah menjaga inflasi suku bunga dan menjaga nilai tukar mata uang.

Ia menyampaikan bahwa Bank Indonesia mau membantu mama-mama Papua dalam pengembangan usaha mengingat lima tahun ke depan Bank Indonesia mempunyai visi untuk kerja nyata dalam perekonomian nasional.

Dikatakannya, dengan diresmikannya rumah produksi abon ikan ini maka mama-mama Papua dapat diberdayakan sehingga kesejahteraan mereka meningkat.

Rumah produksi ini, lanjut dia, akan didampingi dan diawasi mulai dari proses produksi, pengemasan, sampai pada pemasaran. "Jika mama-mama Papua kelompok Miareto sudah mandiri atau swadaya maka Bank Indonesia akan lepas untuk maju sendiri," kata dia.*

 
Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019