Pelatih baru Persiba pimpin latihan perdana

Pelatih baru Persiba pimpin latihan perdana

Skuad Persiba Balikpapan (novi abdi/Antara)

Balikpapan (ANTARA) - Pelatih baru Persiba Satia Bagdja yang resmi diperkenalkan kepada publik sepak bola Balikpapan, Rabu, segera memimpin latihan perdananya dan menjadikan  laga tandang ke Biak pada Senin (29/7) sebagai ujian pertama timnya.

"Nggak ada waktu buat santai-santai,” kata Pelatih Bagdja.

Program pertamanya adalah mengenal para pemain dengan lebih dekat. Latihan perkenalan dengan seluruh skuad Beruang Madu itu langsung digelar pada Rabu sore itu juga mengingat dia hanya punya waktu efektif 3 hari sebelum tim bertolak ke Biak.

“Itulah tantangannya,” kata pelatih yang lama menjadi asisten pelatih Rahmad Darmawan itu.

Beberapa pekerjaan rumah mengenai Taufiq Kasrun dan kawan-kawan yang pernah diungkapkan Pelatih Salahuddin, pelatih Persiba sampai pekan lalu, adalah penyelesaian akhir yang perlu dipoles lagi dan mentalitas untuk menang yang lebih garang. Dua hal ini yang sangat baik terlihat pada laga lawan Persis Solo dan Persatu Tuban dengan kemenangan masing-masing 3-0, sukses diredam Persik Kediri dengan bermain agresif dan pressing ketat.

“Semuanya kita akan perbaiki. Satu-satu,” kata mantan pelatih timnas putri untuk Piala AFF 2018 itu. Termasuk diantaranya adalah mengenali dan mengantisipasi kemungkinan cara main lawan sambil tetap fokus pada permainan sendiri.

Tentang pola main, Bagdja menegaskan gaya sepak bola yang disukainya yaitu ball possession, atau setidak-tidaknya tidak mudah kehilangan bola. Gaya itu berjalan dengan umpan-umpan pendek sehingga pemain dituntut menguasai keterampilan dasar olah dan penguasaan bola yang mumpuni. Gaya itu juga mengharuskan pemain tahu arah gerakan pemain lainnya agar bisa melepas umpan dengan akurat dan menciptakan peluang.

Persiba menghadapi 3 pertandingan selama 2 pekan ke depan. Senin pekan depan terjadwal Beruang Madu harus melawan PSBS Biak, kesebelasan dari Pulau Biak di utara Pulau Papua. Kemudian segera kembali ke Kalimantan dan kembali berangkat untuk melawan Madura FC pada 3/8 dilanjutkan lawan Martapura FC

Setelah itu tim kembali ke Stadion Batakan untuk menjamu Mitra Kukar. Saat itulah pada 15 Agustus, kesempatan Balistik dan suporter Persiba lainnya menyaksikan Persiba racikan Satia Bagdja secara langsung.

Baca juga: Satia Bagdja jadi pelatih baru Persiba

Baca juga: Rahmad Darmawan dukung asistennya latih Timnas Putri

Pewarta : Novi Abdi
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019