Kementerian PUPR raih penghargaan informasi arus mudik 2019

Kementerian PUPR raih penghargaan informasi arus mudik 2019

Pekerja menyelesaikan pembangunan posko Lebaran perempatan jalur Pantura - jalur alternatif jalingkut, Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (25/5/2019). Posko Siaga Sapta Taruna 2019 didirikan oleh Kementerian PUPR dengan fasilitas tempat istirahat bagi pemudik yang mengalami sakit dan peta jalur mudik Jawa, merupakan posko untuk memberikan informasi mengenai jalur mudik, informasi titik kemacetan dan pengecekan kesehatan bagi pemudik. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/hp.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan Manajemen Informasi Arus Mudik 2019 kategori informatif dan inovatif yang diselenggarakan oleh Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian Kominfo, dan Komisi Informasi Pusat (KIP).

"Seperti yang telah sering disampaikan oleh Bapak Presiden Jokowi bahwa kita harus selalu melakukan edukasi, melakukan hal-hal yang bersifat kreatif di dalam segala jenis pekerjaan. Kita tidak mau terjebak dalam cara kerja yang rutin, harus keluar dari situasi itu. Dan Alhamdulillah Kementerian PUPR bisa menjalankan misi mulia ini dengan sangat baik. Ada beberapa hal yang juga dikembangkan serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak," kata Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko dalam rilis PUPR yang diterima di Jakarta, Sabtu malam.

Moeldoko memaparkan, penghargaan yang diberikan kepada Kementerian PUPR merupakan suatu apresiasi atas kinerja yang dilakukan dengan sangat baik dalam memberikan informasi kepada publik.

Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti mewakili Menteri Kominfo Rudiantara dan diterima oleh Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Luthfiel Annam Achmad mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (19/7).

Penghargaan diberikan kepada Kementerian PUPR atas peran aktifnya memberikan informasi arus mudik 2019 sebagai bagian pelayanan informasi kepada masyarakat.

Kementerian PUPR juga dinilai memanfaatkan teknologi digital sehingga informasi lebih mudah diakses, lebih cepat, dan akurat.

Luthfiel Annam Achmad menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan dan berharap penghargaan yang kedua kalinya diterima oleh Kementerian PUPR ini akan lebih memacu kinerja dalam memberikan pelayanan publik yang optimal, tidak hanya dari segi infrastruktur fisiknya namun juga pelayanan informasi saat mudik Lebaran.

"Di era sekarang ini dan memang sudah ada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, tuntutan masyarakat, ekspektasi yang tinggi, semuanya serba ingin dilayani dengan cepat, sehingga Kementerian PUPR mau tidak mau harus memberikan layanan yang tidak hanya cepat, tetapi juga akurat dan bermanfaat. Kami bersyukur ini sudah tahun ke-2 Kementerian PUPR mendapatkan penghargaan, walaupun sesungguhnya tanpa itu memang sudah tugas kita. Alhamdulillah dari tahun ke tahun lebih meningkat, sehingga lebih baik lagi ke depannya," tutur Luthfiel.

Dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019 lalu, Kementerian PUPR tidak hanya menyiapkan infrastruktur jalan, tetapi juga menyiapkan layanan informasi dan pengaduan yang dapat diakses melalui website, call center 0812-8383-5757, Broadcast WhatsApp, Aplikasi Jalan Kita, pemantauan CCTV, dan aplikasi Sistem Informasi Dini Lalu Lintas (Sindila).

Kementerian PUPR juga menyediakan toilet umum bergerak dan fasilitas pendukung lainnya. Terdapat 584 posko mudik yang tersebar di seluruh jalan nasional di Indonesia dengan dilengkapi oleh personel, alat berat, dan material, sehingga begitu masyarakat menghubungi call center untuk melaporkan hambatan di jalan nasional, petugas akan menghubungi posko mudik terdekat dan hambatan bisa langsung diselesaikan.

Penghargaan diberikan berdasarkan penilaian Program Pemantauan Manajemen Informasi Arus Mudik yang diselenggarakan sejak awal April hingga 13 Juni 2019. Dalam menentukan pemenang penghargaan, dilakukan pemantauan melalui kuesioner, website, dan kunjungan oleh KIP, Kementerian Kominfo, dan KSP. Selanjutnya penilaian didasarkan atas ketersediaan dan keefektifan layanan informasi publik Kementerian/Lembaga dan BUMN melalui platform website khusus yang dilakukan oleh KSP bekerja sama dengan Google Indonesia.

Selain Kementerian PUPR, penerima penghargaan lainnya kategori sama adalah PT KAI. Kemudian Kementerian Perhubungan dan PT Jasa Marga untuk kategori informatif, responsif, dan inovatif, serta BMKG dan PT Pertamina untuk kategori responsif. Selain itu juga diberikan enam piagam apresiasi kepada PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT ASDP Indonesia Ferry, Korlantas Polri, Pelindo III, dan PT Pelni.

Baca juga: Arus mudik, arus balik, dan petugas informasi jalan tol
Baca juga: Pelindo III terima penghargaan manajemen informasi terbaik mudik 2019
Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019