Imbauan kepada penonton untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang dan tidak melakukan perusakan karena itu adalah stadion kebanggaan kita, stadion yang sudah diperbaiki dengan uang rakyat jangan dinodai atau dirusak."
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyiagakan ribuan personel gabungan untuk mengawal final turnamen sepak bola Piala Indonesia yang mempertemukan Persija Jakarta kontra PSM Makasar pada Minggu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisiaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan secara total personel keamanan akan diterjunkan sebanyak 12.359.

Baca juga: PSM: hasil undian final Piala Indonesia sesuai harapan

Baca juga: Persija raih tiket final Piala Indonesia

Baca juga: Persija tanpa tiga pemain inti hadapi PSM pada final


"Pertandingan antara Persija vs PSM akan digelar hari Minggu di GBK. Dengan adanya pertandingan tersebut, dari Polda Metro Jaya menyiapkan 12.359 personel gabungan TNI-Polri dan dibantu Pemda, ada dari Dishub, Dinkes, pemadam kebakaran dan lainnya," kata Argo di Polda Metro Jaya, Jumat.

Argo menjelaskan untuk pengamanan tersebut akan terbagi menjadi empat ring pengamanan dalam pertandingan tersebut.

"Yang pertama di dalam stadion dan lingkungan stadion, itu ring dua nya, di area GBK itu ring tiga, dan jalan pintu masuk itu ring empat. Rekayasa lalin nanti kita liat apakah diperlukan atau tidak," kata Argo.

Lebih lanjut, Argo menyebutkan, pihaknya tak akan melarang pendukung kedua kesebelasan untuk hadir di stadion. Namun pihak Polda mengimbau para penonton untuk menjaga ketertiban.

"Imbauan kepada penonton untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang dan tidak melakukan perusakan karena itu adalah stadion kebanggaan kita, stadion yang sudah diperbaiki dengan uang rakyat jangan dinodai atau dirusak," ujarnya.

Untuk meminimalisir potensi bentrokan, pihak Polda Metro Jaya akan mengawal kedatangan para suporter Persija dan PSM Makasar sampai di stadion.

"Untuk penonton dari Jakmania dan PSM Makassar, semuanya kita lakukan pengawalan dan semuanya kita koordinasi dengan korlap masing-masing, baik itu dari pemain PSM, penonton PSM, juga dengan pihak Persija kita koordinasikan, kita lakukan pengawalan," ucap Argo menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019