Stok avtur yang tersedia di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau dipastikan cukup
Padang, (ANTARA) - PT Pertamina Markering Operation Region (MOR) I menambah pasokan bahan bakar jenis avtur menjadi 6,8 juta liter untuk menerbangkan jamaah haji dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR Robby Hervindo melalui keterangan pers di Padang, Jumat mengatakan pihaknya menyiapkan bahan bakar avtur di bandara tersebut dalam dua fase yakni saat keberangkatan pada 4 Juli hingga 6 Agustus 2019.

"Dalam fase ini kita siapkan dalam jumlah 5,8 juta liter," katanya.

Sementara pada fase kedua yaitu kepulangan diperkirakan terjadi pada 17 Agustus sampai 2 September 2019. Pihaknya menyiapkan satu juta liter avtur.

Ia mengatakan penyediaan avtur di Bandara Internasional Minangkabau saat fase satu ini menurun sekitar 27 persen dibandingkan tahun lalu.

Menurut dia penurunan disebabkan jumlah kelompok terbang (kloter) haji berkurang dibandingkan tahun lalu dari 124 kloter menjadi 87 kloter di BIM pada tahun ini

Keberangkatan haji dari Sumatera Barat terbagi menjadi empat embarkasi dengan total 87 kloter yang terdiri dari embarkasi Padang sebanyak 18 kloter, embarkasi Solo 57 kloter, embarkasi Balikpapan 11 kloter, dan haji khusus satu kloter.

Sedangkan untuk fase kepulangan, terdapat 18 kloter.

"Stok avtur yang tersedia di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan musim Haji 2019. Selain itu stok avtur di DPPU Minangkabau mampu memenuhi kebutuhan hingga 16 hari ke depan," katanya.

Ia mengatakan DPPU Minangkabau dilengkapi delapan unit refueller dengan kapasitas masing-masing 206 ribu liter.

Penyaluran avtur pada bulan Juli hingga September diprediksi meningkat berturut-turut 73 persen, 58 persen dan 5 persen dibandingkan kondisi normal.

"Kenaikan dipersiapkan untuk mengantisipasi bertambahnya penerbangan dari Bandara Internasional Minangkabau tujuan tanah suci. Baik penerbangan langsung maupun transit di kota lain,"kata dia.

Baca juga: Pertamina tingkatkan keandalan penyediaan avtur selama musim haji
Baca juga: Pertamina tambah stok avtur untuk penerbangan haji dari Balikpapan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019