Program lansia Kota Jambi diapresiasi pemerintah pusat

Program lansia Kota Jambi diapresiasi pemerintah pusat

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat menyambangi lansia di kota Itu. Wali Kota Jambi akan dinobatkan sebagai salah satu tokoh nasional penerima penghargaan HLUN 2019 untuk kategori Tokoh Nasional Peduli Lanjut Usia. (FOTO ANTARA/Ist)

Jambi (ANTARA) - Program dan kebijakan Wali Kota Jambi Syarif Fasha terhadap kelompok lanjut usia di kota itu mendapat apresiasi oleh pemerintah pusat, sehingga dalam waktu dekat Syarif Fasha akan dinobatkan sebagai tokoh nasional penerima penghargaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2019.

“Wali Kota Jambi dalam waktu dekat ini akan dinobatkan sebagai salah satu tokoh nasional penerima penghargaan HLUN 2019 untuk kategori Tokoh Nasional Peduli Lanjut Usia,” kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Jambi, Abu Bakar di Jambi, Selasa.

Penghargaan tersebut, katanya, diberikan berkat program pemerintah kota itu yang cukup serius menangani masalah layanan publik terhadap lansia. Layanan publik yang diberikan terhadap lansia tersebut bertujuan agar lansia di kota itu mendapatkan bantuan untuk tetap produktif dan mandiri.

Pemkota Jambi, katanya, berusaha mewujudkan Kota Jambi ramah lansia dari berbagai aspek. Mulai dari pelayanan publik, kantor-kantor pemerintahan, puskesmas, layanan perizinan dan lainnya lainnya harus menyediakan jalur khusus bagi lansia.

Sarana dan prasarana pendukung bagi lansia tersebut, katanya, telah dipersiapkan, salah satunya terdapat di kawasan Taman Jomblo dan Tugu Keris Siginjai yang dilengkapi dengan zona bagi lansia. Sejumlah puskesmas di kota itu juga telah mengembangkan layanan khusus bagi lansia.

“Penetapan Wali Kota Jambi Syarif Fasha sebagai tokoh nasional peraih penghargaan HLUN itu berdasarkan surat Kementerian Sosial Republik Indonesia nomor 333.c/2.6/KS.02/07/2019 tanggal 1 Juli 2019, yang ditandatangani oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Andi Hanindito atas nama Menteri Sosial RI,” kata Abu Bakar.

Menurut Abu Bakar, Wali Kota dua periode itu tidak hanya memiliki komitmen yang kuat, namun bersama jajarannya juga berhasil mengimplementasikan program kepedulian terhadap kelompok usia lansia di Kota Jambi.

Sebelumnya tim penilai penghargaan tingkat nasional telah melakukan tinjauan lapangan ke Kota Jambi pada pertengahan Mei lalu. Kunjungan yang dilakukan selama 2 hari tersebut untuk melakukan wawancara dan pengumpulan data terkait program Wali Kota Syarif Fasha sebagai salah satu calon penerima penghargaan kesejahteraan sosial lanjut usia tingkat nasional.

"Tim verifikasi Kemensos RI tersebut komandoi oleh Dr. Afrinaldi, pada pertengahan Mei lalu, sengaja datang ke Kota Jambi dalam rangka melakukan uji data dan verifikasi terhadap Wali Kota Jambi yang saat itu menjadi kandidat tokoh nasional peduli lansia, dan Alhamdulillah, hasil penilaian yang memakan waktu cukup panjang dan amat ketat itu, akhirnya menetapkan Wali Kota sebagai tokoh nasional peraih penghargaan HLUN 2019 untuk kategori Tokoh Nasional Peduli Lanjut Usia," kata Abu Bakar.

Prosesi penyerahan penghargaan akan diberikan pada puncak peringatan HLUN 2019 ke-23 tahun 2019 yang akan diselenggarakan pada hari Rabu 10 Juli 2019 di lapangan Gasibu, Bandung Jawa Barat.

Baca juga: Kemensos siapkan draf revisi UU Lansia

Baca juga: Jambi paparkan "kota cerdas" di hadapan delegasi Australia

Baca juga: Wali Kota Jambi hukum beberapa pejabat pungli
Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019