Pontianak (ANTARA) - Petugas dari agen perjalanan, PO Yessoe, Bambang membenarkan bahwa ada satu bus armadanya tujuan Pontianak - Sampit mengalami kecelakaan di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

"Iya benar ada kecelakaan bus perusahaan di sini. Bus tersebut berangkat semalam, " ujarnya saat ditemui di Kantor PO Yessoe di Jalan Mayor Aliyang, Desa Kapur, Kabupaten Kubu Raya, Senin.

Ia menjelaskan bahwa ia tidak tahu persis seperti apa kejadiannya dan berapa korbannya.

"Saya tak tau kenapa kecelakaan dan total korbannya. Manajemen di sini juga tidak ada di tempat," jelas Bambang yang juga bertugas sebagai supir.

Pemberitaan sebelumnya bahwa Bus Yessoe carteran dari Pontianak, Kalimantan Barat yang hendak menuju Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terbalik di tikungan GCM Desa Panopa Kecamatan Lamandau Kabupaten Lamandau, Senin sekitar pukul 10.00 WIB, dengan korban tewas sementara ada tiga orang dan delapan luka parah.

Berdasarkan informasi dari penumpang yang selamat, kecelakaan tunggal bus yang membawa puluhan penumpang tersebut diduga lantaran sopir membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi dan tidak hati-hati.

Saat bus memasuki tikungan GCM, sopir tidak dapat mengendalikan busnya sehingga terbalik. Bus terbalik dengan posisi roda ke atas, membuat beberapa penumpang yang terpental keluar dan ada pula yang terhimpit badan bus.

"Sopir menyetir dengan ugal-ugalan, dan tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya ketika memasuki tikungan tajam sehingga terbalik," kata Budi salah satu penumpang selamat di lokasi kejadian di Nanga Bulik.

Warga yang berusaha membantu cukup kesulitan karena posisi bus yang terbalik dengan roda menghadap ke atas. Dari luar terlihat beberapa penumpang terhimpit badan bus dan beberapa penumpang terjebak di dalam bus.

Disebutkan, suasana di lokasi kejadian sangat memprihatinkan karena beberapa penumpang tergeletak di pinggir jalan. Sementara itu, ada pula penumpang yang terjebak di dalam bus yang terbalik maupun yang terhimpit berteriak meminta tolong, sedangkan warga kesulitan mengangkat badan bus yang cukup berat tersebut.

Baca juga: Bus rute Pontianak-Sampit terbalik di Lamandau tiga tewas
Baca juga: Gagal menanjak, bus sarat penumpang mundur dan terbalik di Pekanbaru
Baca juga: Sebulan tiga bus kecelakaan di Puncak, pengamat usul buat aplikasi


Pewarta: Dedi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019