Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore menguat terbawa sentimen meredanya perang dagang Amerika Serikat dan China.

Rupiah menguat 13 poin atau 0,1 persen menjadi Rp14.113 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.126 per dolar AS.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Senin, mengatakan, hasil pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G-20 di Osaka, Jepang, menjadi sentimen positif bagi rupiah.

"Tidak hanya damai dagang, harapan damai di Semenanjung Korea pun menyala kembali. Kini, dua risiko besar yang menghantui perekonomian global perlahan bisa mulai dicoret dari daftar," ujar Ibrahim.

Dari internal, inflasi Juni 2019 yang mencapai 0,55 persen (bulanan) dan 3,28 persen (tahunan).
Inflasi terebut dinilai masih dibawah target pemerintah dan relatif masih terkendali karena banyak program pemerintah yang berhasil sehingga menekan inflasi.

"Dan ada alasan kuat bagi BI untuk menurunkan suku bunga acuan. BI pun sudah menegaskan penurunan suku bunga acuan tinggal masalah waktu," kata Ibrahim.

Selain itu, sentimen internal lainnya yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah menetapkan pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai pemimpin Indonesia periode 2019-2024. Dengan demikian, proses pesta demokrasi 2019 sudah rampung, karena pemenang pilpres sudah ditetapkan.

"Jokowi adalah calon petahana, sehingga pelaku pasar menilai eks gubernur DKI Jakarta tersebut tidak akan mengubah pola dan arah kebijakan terlalu drastis. Investor juga melihat Jokowi akan punya waktu untuk melanjutkan kebijakan reformasi struktural seperti pembenahan defisit transaksi berjalan," ujarnya.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat Rp14.083 dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.083 per dolar AS hingga Rp14.120 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Senin ini menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.117 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.141 per dolar AS.

Baca juga: Awal pekan, rupiah menguat usai pertemuan Trump dan Xi Jinping
Baca juga: Rupiah Senin pagi menguat 14 poin
Baca juga: Hasil pemilu (yang) bawa indeks dan nilai tukar positif

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019