Medan (ANTARA) - Dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kota Medan ke-429, Pemerintah Kota Medan (Pemkot) Medan melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan menggelar acara Colourful Medan Carnival (CMC) 2019.

Acara yang berlangsung di Jalan Pulau Pinang, Minggu, mengangkat tema bersatu dalam kebhinekaan, bersinergi dalam mewujudkan Medan kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius.

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution mengatakan, CMC 2019 ini merupakan kedua kalinya digelar untuk memeriahkan hari jadi Kota Medan ke-429.

Baca juga: HUT Kota Medan, beragam acara digelar

Baca juga: Pelajar Mamuju kagumi arsitektur Masjid Raya Medan

 

Melalui event tersebut ia mengajak seluruh warga Kota Medan untuk dapat ikut memeriahkan dan meramaikan serta bergembira bersama dalam merayakan HUT Kota Medan.

"Alhamdulillah, ini (CMC 2019) untuk yang kedua kalinya kita gelar. Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan HUT Kota Medan ke 429. Untuk itu, kami mengajak seluruh warga Kota Medan untuk bergembira dan bersuka cita bersama dalam suasana perayaan HUT Kota Medan yang kita cintai ini,’’ katanya didampingi Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono, Minggu.

Perayaan CMC ini katanya, akan digelar di tahun berikutnya. Sebab, ajang tersebut juga bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para kaum muda khususnya yang memiliki bakat di dunia modeling dan fashion dapat menyalurkan bakat yang mereka miliki.

Disamping itu, lanjut Akhyar, CMC juga diharapkan dapat menjadi industri kreatif yang terus berkembang sehingga dapat membawa nama Kota Medan hingga ke kancah nasional maupun internasional demi kemajuan bersama.

‘’Perayaan ini menjadi momentum bagi kita untuk mengajak seluruh warga agar menjaga dan merawat Kota Medan sehingga dapat menjadi kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius. Mari kita wujudkan bersama karena Medan adalah rumah kita,’’ ujarnya

Kegiatan CMC ini diisi dengan penampilan tarian multietnis, komunitas marching band Kota Medan, fashion show Batik Medan yang diperagakan oleh 30 orang model, pameran mobil antik serta karnaval busana/pakaian adat etnis yang ada Sumut, khususnya Kota Medan.

Selain penampilan yang menunjukkan khas Kota Medan, CMC 2019 juga turut dimeriahkan penampilan dari Jember Fashion Carnaval serta pertunjukkan kebudayaan khas Sumut salah satunya lompat batu dari Nias.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019