Pertamina siapkan strategi penuhi BBM Ramadhan-Idul Fitri 2020

Pertamina siapkan strategi penuhi BBM Ramadhan-Idul Fitri 2020

Acara Apresiasi Satgas Pertamina Marketing Operation Region III di Jakarta, Selasa. (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi layanan bahan bakar minyak (BBM) untuk memenuhi kebutuhan pemudik pada masa Ramadhan-Idul Fitri 2020.

SVP Marketing Retail & Sales PT Pertamina (Persero) Jumali memaparkan seiring dengan berakhirnya masa kerja Satuan Tugas (Satgas) Pertamina Siaga, perseroan mengevaluasi sejumlah temuan yang menjadi catatan untuk dipersiapkan pada tahun depan.

"Tantangannya adalah jalan tol nanti akan semakin panjang sehingga pemudik akan semakin antusias lewat tol. Kita harus menyiapkan titik layanan lebih banyak, dengan volume lebih banyak juga," kata Jumali dalam acara Apresiasi Satgas Pertamina Marketing Operation Region III di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa pada tahun 2020, jalan tol dari Probolinggo akan tersambung sampai Banyuwangi. Sementara di jalur Trans Sumatra, jalan tol Bakauheni akan tersambung sampai Palembang.

Pada arus mudik dan balik tahun ini, Pertamina menyiapkan 54 SPBU dari Merak sampai Pasuruan, terdiri dari 44 SPBU eksisting dan 10 SPBU yang baru dibangun tahun ini.

Sementara itu, untuk persiapan layanan BBM di Trans Sumatra ruas Bakauheni-Palembang, Pertamina akan menyediakan empat SPBU permanen tipe A dan satu SPBU sementara tipe B.

"Saat ini ada empat SPBU temporer yang nanti sebelum Satgas 2020 harus sudah selesai menjadi SPBU permanen. Kami juga akan tambah SPBU yang sifatnya tidak akan dijadikan permanen, tapi temporer," kata Jumali.

Untuk penambahan SPBU dengan tersambungnya jalan tol Probolinggo-Banyuwangi, Pertamina akan mengaku akan memantau terlebih dahulu perkembangan pembangunan untuk melihat kebutuhan SPBU yang akan dibangun.

"Kami akan lihat perkembangan dari pihak Pemerintah untuk pembangunannya sampai ke sana, tapi poinnya kami siap menyediakan layanan BBM baik itu temporer maupun permanen," katanya.

Baca juga: Pertamina siaga kebutuhan BBM selama Ramadhan
Baca juga: Untuk Ramadhan-Lebaran, Pertamina tambah stok BBM 15 persen
Baca juga: Pertamina jamin pasokan BBM di tol Trans Jawa selama Ramadhan-Lebaran
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019