Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH juga telah dilunasi, dan calon haji sudah menjalani tes kesehatan serta divaksin meningitis dan flu
Penajam (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur siap memberangkatkan 147 calon haji asal daerah itu ke Tanah Suci Mekkah pada musim haji 2019.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara Usep Suciadi di Penajam, Selasa, menyatakan secara keseluruhan instansinya sudah siap memberangkatkan calon haji pada tahun ini.

"Seluruh persiapan sudah dilakukan tinggal melepas calon haji ke asrama haji Embarkasi Balikpapan untuk menjalani karantina sebelum diberangkatkan," ujar dia.

Seluruh calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, telah melengkapi dokumen sebagai syarat untuk berangkat menunaikan ibadah haji di Mekkah dan Madinah.

"Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH juga telah dilunasi, dan calon haji sudah menjalani tes kesehatan serta divaksin meningitis dan flu," kata dia.

Saat ini, kata dia, para calon asal Kabupaten Penajam Paser Utara sedang menjalani pembinaan atau manasik haji yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan.

"Setelah mengikuti manasik haji tingkat kabupaten yang dilaksanakan Senin (19/6), calon haji juga menjalani manasik haji yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan," ucap dia.

Kuota murni calon haji dari Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia,  tercatat 130 orang termasuk dua anggota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Namun, pada musim haji tahun ini (2019), Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat tambahan jatah 17 calon haji dari 10.000 orang tambahan kuota haji secara nasional.

"Jadi calon haji yang akan diberangkatkan menunaikan ibadah haji ke Mekkah dan Madinah pada musim haji tahun ini sebanyak 147, termasuk dua orang petugas haji," kata Usep Suciadi.

Untuk penentuan kelompok terbang (kloter) dan pemberangkatan calon haji asal Kabupaten Paser Utara, kata dia, masih menunggu informasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur maupun pemerintah pusat.

Baca juga: Kemenag-Garuda-Saudia sepakat berangkatkan jamaah haji 2019
Baca juga: Satu dusun di Temanggung berangkatkan 94 calon haji

 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019