Pilkada itu diawali tahapan penyusunan besaran anggaran pelaksanaan dengan pihak pemerintah daerah (Pemda) kabupaten dan atau kota
Mataram (ANTARA) - Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di tujuh kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dimulai pada September 2019.

"Siap-siap September tahapan pilkada tujuh kabupaten/kota sudah dimulai," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) NTB Suhardi Soud di Mataram, Senin.

Tujuh kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada, yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Suhardi menjelaskan, pilkada itu diawali tahapan penyusunan besaran anggaran pelaksanaan dengan pihak pemerintah daerah (Pemda) kabupaten dan atau kota.

"Tapi berapa besaran kebutuhan anggarannya masih belum bisa dipastikan. Untuk soal itu masih dilihat aspek regulasi yang dikeluarkan oleh KPU RI serta standar biaya yang ditetapkan oleh pihak Kemenkeu RI," ujar mantan Ketua KPU Kabupaten Sumbawa ini.

Disinggung terkait proses masa kampanye apakah akan sama seperti saat Pemilu dan Pilpres 2019. Suhardi mengaku belum tahu secara parlsti, namun hingga saat ini lanjutnya belum ada perubahan undang-undang yang mengatur terkait hal tersebut.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019