Arus balik di Rest Area KM 125B Cimahi mulai meningkat

Arus balik di Rest Area KM 125B Cimahi mulai meningkat

Arus balik kendaraan pada Idul Fitri 1440 H mulai mengalami peningkatan sekitar 500-600 kendaraan per jam pada H+2 (6/6/2019) terpantau di Rest Area Kilometer 125B Tol Purbaleunyi yang berlokasi di Kota Cimahi. Foto : ANTARA/Zita Meirina

Jakarta (ANTARA) - Kepadatan kendaraan arus balik yang memasuki Tempat Istirahat (Rest Area) kilometer 125B Tol Purbaleunyi yang berlokasi di wilayah Kota Cimahi mengalami peningkatan sejak Jumat dinihari.

"Traffic counting secara sampling yang dilaksanakan sejak pagi hingga malam hari pada Kamis (6/6) hingga Jumat dinihari mencatat sebanyak 500-600 kendaraan tiap jam memasuki tempat istirahat di kilometer 125B ini," kata Petugas Satgas Piket Arus Balik PT Jasa Marga di Rest Area KM 125 B Joseph Mervin Oloan, Jumat.

Ia mengatakan sejak Kamis malam (6/6) peningkatan kendaraan arus balik mulai terasa, terutama yang memasuki rest area Km 125B dengan kepadatan kendaraan terjadi mulai sore, malam dan berlanjut hingga dinihari.

Meski terjadi peningkatan arus kendaraan yang memasuki tempat istirahat Km 125B, ujar Mervin, belum sampai mengganggu arus kendaraan yang melintas di Tol Purbaleunyi. "Belum sampai dilakukan rekayasa buka tutup di rest area ini, meski padat tetapi masih terkendali terutama karena luasnya lahan parkir yang tersedia".

Lebih lanjut dikatakannya, puncak keramaian di rest area tersebut terjadi menjelang waktu shalat Magrib hingga malam hari. Setelah melaksanakan ibadah shalat, banyak para pemudik melanjutkan dengan makan malam atau beristirahat sejenak di sejumlah lokasi istirahat yang tersedia, baik di sekitar masjid maupun taman terbuka yang tersedia di lokasi tersebut.
 
Posko gabungan : Posko Ketupat Lodaya 2019 Polres Cimahi, Posko Kesehatan di Rest Area Kilometer 125B Tol Purbaleunyi yang berlokasi di Kota Cimahi. Foto : ANTARA/Zita Meirina


"Para pemudik tidak perlu merasa khawatir karena selain tempat istirahat yang cukup, di rest area terdapat Posko Lebaran 2019 yang merupakan Posko Ketupat Lodaya 2019 - Polres Cimahi dan posko gabungan tim kesehatan, Tim Pertamina, Tim Jasamarga dan tim keamanan dari pengelola rest area," tambahnya.

Terkait prediksi puncak kepadatan arus balik, dikatakannya, diperkirakan terjadi pada 8 Juni dan 9 Juni bersamaan dengan berakhirnya cuti bersama bagi para aparatur sipil negara (ASN). "Kami antisipasi dengan memperbanyak personil di rest area dari semua unsur, dan terutama petugas kebersihan baik di area toilet maupun area umum yang biasa dipenuhi sampah bekas makanan dan minuman. Selain itu, kami berkoordinasi dengan pihak Pertamina agar kebutuhan bahan bakar di SPBU rest area tetap terjamin".
Pewarta : Zita Meirina
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019