Jakarta (ANTARA) - Hidangan khas Minang sudah menjadi ciri khas di atas meja makan Dude Harlino pada hari Idul Fitri, di mana ketupat disandingkan dengan rendang buatan sang ibunda. Tapi, ada sentuhan masakan Jawa di sana: opor ayam.

“Kalau opor ini dari aku,” ujar Alyssa Soebandono, istri Dude, di kediamannya usai shalat Idul Fitri, Jakarta, Rabu. Aktris yang kampung halamannya di Malang, Jawa Timur itu mengatakan suaminya memang menyukai segala hidangan Minang.

Mengingat kesibukan keduanya yang harus syuting hingga beberapa hari jelang Idul Fitri, rencana Icha --nama panggilan Alyssa-- untuk membuat kue-kue Lebaran jadi buyar. Itu juga jadi alasannya tidak memasak pada Lebaran kali ini.

"Makanan ibu memang enak, tapi Icha pelan-pelan juga mulai belajar masak. Banyak (masakan) yang dia bisa, tapi karena syuting (jadi tidak masak)," kata Dude, menyebut rendang, cupcake, dan sup jamur sebagai masakan andalan istri.

Masakan-masakan lezat khas Lebaran memang nikmat. Tapi, Dude berusaha untuk tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak makanan itu demi kesehatan. Apalagi pekerjaannya yang mengharuskan ia tampil di depan kamera mengharuskannya tampil prima setiap saat.

Baca juga: Alyssa Soebandono wajibkan hidangan ini saat sahur

Jika bobot badannya bertambah, perubahan itu akan terlihat jelas di depan kamera. Dude mengaku hanya boleh "kalap" selama dua hari Lebaran.

"Hari ketiga diatur makanannya jangan yang terlalu berlemak," ujar Dude yang mewajibkan ada buah atau sayur sebagai penyeimbang nutrisi.

Pada Lebaran 2019, Dude dan Alyssa hanya menikmati suasana Idul Fitri di ibu kota tanpa mudik karena disibukkan dengan syuting sinetron yang dibintangi mereka berdua.

Setelah menikmati hidangan usai salat Id bersama keluarga terdekat, termasuk kakak dan keponakan-keponakan, Dude bersama Alyssa dan dua anak mereka biasanya bertandang ke rumah saudara-saudara di Jakarta.

"Hari ini, kami akan ke keluarga mama yang paling tua di daerah sini juga. Setelah itu, kami akan ke adik Icha di Pondok Labu. Paling besok jalan lagi," ujar Dude yang sengaja tidak mau mengunjungi terlalu banyak tempat dalam sehari karena mempertimbangkan stamina dua putranya yang masih kecil.

Baca juga: Dude Harlino dan Alyssa bersyukur atas kelahiran putra kedua

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019