Jakarta (ANTARA) - Pada malam takbiran menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, Presiden Joko Widodo akan berkumpul bersama keluarga besar di Istana Kepresidenan Bogor.

"Presiden akan berkumpul bersama keluarga pada saat malam takbiran," demikian keterangan Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey T Machmudin, melalui telepon kepada ANTARA, di Jakarta pada Selasa.

Selain itu, Sekretariat Kepresidenan pada hari Lebaran rencananya menggelar halal bihalal atau open house Jokowi bersama pejabat negara maupun masyarakat umum pada Rabu pagi hingga siang (5/6/2019).

Machmudin menjelaskan bagi masyarakat yang hendak bersilaturahim kepada Jokowi dapat berkumpul di Silang Monas, Jakarta, untuk mendata diri terlebih dahulu.

Selanjutnya, warga akan dibawa masuk ke dalam komplek Istana Negara, Jakarta, dengan menumpang sejumlah bus. Setelah tiba di Istana Negara, masyarakat disediakan tenda khusus untuk menunggu giliran halal bihalal bersama Jokowi. "Masyarakat akan diberi kenyamanan, hiburan, dan juga konsumsi sehingga tidak lelah menunggu," kata Machmudin.

Sebelumnya, Jokowi pada Senin (3/6/2019) telah menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah kepada seluruh rakyat Indonesia yang merayakannya.

Presiden berharap Idul Fitri 1440 H dapat menjadi momentum mempererat kembali semangat persatuan dan persaudaraan bangsa, baik di dalam keluarga maupun antarmasyarakat.

Perayaan Idul Fitri juga diharap menjadi awal untuk berdiri bersama sebagai sebuah bangsa dan membangun bangsa ini ke depan agar menjadi lebih baik. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019