Jakarta (ANTARA) - Kesiapan Pertamina mengantisipasi melonjaknya arus mudik pada Lebaran 2019 dengan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), khususnya di sepanjang tol trans Sumatera dan trans Jawa disambut baik oleh para pengguna jalan.

Ketua Innova Chapter Palembang Adrian Perdana Putra mengatakan, keberadaan sejumlah SPBU Pertamina di sejumlah titik tol trans Sumatera sangat membantu bagi para pemudik, seperti dirinya.

Menurut dia ketersediaan pom bensin memberikan rasa nyaman terhadap pengendara yang ingin kembali ke kampung halamannya.

"Saya juga lihat ada pom bensin fungsional sudah cukup memadai. Pelayanan Pertamina terhadap para pemudik sudah jauh lebih baik dibandingkan musim lebaran sebelumnya," kata Adrian melalui sambungan telepon, Selasa.

Adrian mengatakan, sepanjang ruas tol Palembang-Bakauheni Lampung atau sebaliknya, kerap dijumpai SPBU Pertamina yang siap melayani para pengendara yang kehabisan bahan bakar. Bahkan, Pertamina juga mensiagakan SPBU mobile untuk situasi darurat.

"Pertamina juga menyiapkan mobil tangki yang stand by di ruas jalan tol, SPBU mobile yang dibutuhkan saat keadaan darurat untuk kendaraan yang mengalami kendala ketersediaan BBM. Saya lihat mereka juga stand by," sambung Adrian.

Sebagai apresiasi kepada Pertamina, Adrian yang mudik kembali ke Jakarta menuliskan rasa puasnya pada akun medsosnya.

Trip mudik 2019 Palembang-Jakarta kali ini terasa beda, start dari SPBU Demang at 6.30 AM, dimana melewati tol fungsional dan operasional sejauh 287 kilometer, di perjalanan melalui tol pun disertai cuaca kadang panas terik disertai hujan lebat dan angin kencang.

Tak terasa at 12.40 PM kami sudah parkir di atas kapal ferry. Trip menyenangkan ini tidak terlepas dari penggunaan BBM berkualitas Pertamina yaitu PERTADEX. Selepas mengisi 42 liter di SPBU Demang langsung meluncur ke Bakauheni. Dan membuat mobil Innova saya ini stabil di kecepatan tinggi, irit BBM serta enteng di gas.

Hal senada diungkapkan mantan pengurus komunitas Pajero Owners Community (POC) Abdurrahman yang menilai pelayanan Pertamina lebih maksimal dibanding musim lebaran tahun lalu.

"Saya merasakan tahun ini pelayanan Pertamina kepada pemudik yang membawa kendaraan sendiri lebih maksimal dibandingkan tahun lalu," ujarnya.

Ia menambahkan, penambangan SPBU Pertamina dan sepanjang ruas tol trans Jawa dan trans Sumatera akan memberikan kenyamanan bagi pemudik yang ingin berlebaran di kampung halamannya.

"Jadi kita tak perlu khawatir kehabisan bensin di sepanjang perjalanan," kata pria yang akrab disapa Doel itu.

Ketika melakukan mudik bersama keluarga ke Ambarawa Jawa Tengah, dia mengakui, merasakan benar pelayanan Pertamina yang begitu optimal, di sepanjang ruas jalan tol yang dilewatinya terlihat para petugas yang siap melayani para pemudik.

Pertamina telah menyediakan 15 titik SPBU di sepanjang tol trans Sumatera. Di setiap SPBU disiapkan 2 dispenser pengisian BBM di mana di masing-masing titik dispenser menyediakan 3.000 liter.

Upaya ini dilakukan guna memastikan ketersediaan BBM untuk keperluan mudik Lebaran 2019 sepanjang tol tersebut. Pertamina telah memprediksi sekaligus membaca data kebutuhan BBM setiap periode tiap Lebaran tiba di Indonesia.

Pewarta: Subagyo
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019