Beliau kiai yang bertangan dingin memegang macam-macam kegiatan berhasil, seperti Yayasan Pendidikan Islam Sabilillah, Universitas Islam Malang (Unisma), dan lain-lain. Kiai Tholchah juga pribadi yang tekun, sangat dihormati orang,
Jombang (ANTARA) - Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, KH Sholahudin "Gus Sholah" Wahid menilai sosok KH Tholchah Hasan merupakan pribadi yang tekun dan sukses dalam mengelola berbagai organisasi.

"Beliau kiai yang bertangan dingin memegang macam-macam kegiatan berhasil, seperti Yayasan Pendidikan Islam Sabilillah, Universitas Islam Malang (Unisma), dan lain-lain. Kiai Tholchah juga pribadi yang tekun, sangat dihormati orang," katanya di Jombang, Rabu.

Ia mengaku kehilangan kiai yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama era Presiden KH Abdurrahman Wahid itu.

KH Tholchah Hasan selama ini telah banyak berkontribusi dalam organisasi Nahlatul Ulama. Ia juga salah satu penggagas ide Nahdlatul Ulama (NU) kembali ke Khittah 1926.

Selain pribadi yang tekun, Gus Sholah menyebut KH Tholchah Hasan menjadi kiai yang menjadi tempat bertanya bagi banyak orang.

"Boleh dibilang beliau tempat orang bertanya di Malang. Sesepuh Malang," kata Gus Sholah.

Ia mengucapkan duka cita mendalam atas wafatnya KH Tholchah Hasan. Gus Sholah berdoa agar almarhum mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Keluarga besar Pesantren Tebuireng dan Universitas Hasyim Asy'arim menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatya almaghfurlah Prof. Dr. KH. Tholchah Hasan. Semoga Allah SWT mengampuni semua dosa dan menerima semua amal ibadahnya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan keikhlasan dari Allah SWT," kata cucu pendiri NU, Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari tersebut.

Kiai sepuh yang juga mantan Menteri Agama Era Presiden Gus Dur, KH Muhammad Tholchah Hasan wafat pada Rabu, pukul 14.30 WIB bertepatan dengan 24 Ramadan 1440H, setelah menjalani pengobatan di RSSA Malang. Almarhum yang merupakan tokoh organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) itu sempat dirawat di rumah sakit tersebut hampir sebulan.

KH Tholchah Hasan dilahirkan di Tuban, Jawa Timur, pada 1963 dan merupakan tokoh multidimensi, yakni sebagai ulama, tokoh pendidikan, pegiat organisasi, dan juga merupakan tokoh yang aktif di pemerintahan.

Saat menjadi menteri, ia mendirikan Direktorat Pendidikan Pondok Pesantren dan Seksi Pekapontren (Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren) yang sekarang menjadi pendidikan diniyah dan pondok pesantren.

KH Tholchah Hasan juga alumni Pesantren Tebuireng era 1950-an. Selama hidup, KH Tholchah Hasan juga masih mengabdikan dirinya di Pesantren Tebuireng sebagai Dewan Pembina di Yayasan Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) dan Pusat Kajian Pemikiran Hasyim Asy'ari.

KH Tholchah Hasan meninggalkan seorang istri, tiga orang anak, dan empat cucu, yang saat ini tinggal di Singosari, Kabupaten Malang. Almarhum pernah menduduki posisi Mustasyar PBNU dan pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Merdeka Malang hingga 1998.

Selain itu, almarhum juga sebagai Dewan Pembina Yayasan Universitas Islam Malang (Unisma) hingga saat ini.


Baca juga: Menteri Agama era Gus Dur, KH Tholchah Hasan wafat

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019