Madiun (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Madiun, Jawa Timur, menyatakan stok BBM di Madiun dan sekitarnya aman guna menghadapi kebutuhan masyarakat selama masa Lebaran tahun 2019.

Operation Head Depo Pertamina Madiun, Imran Jamil mengatakan saat ini stok di Depo Madiun penuh 100 persen sesuai kapasitas tangki di TBBM Madiun.

"Stok kami 'full'. Ketahanan stok BBM yang ada antara empat sampai lima hari sesuai kapasitas timbunan dan terus ditambah. Jadi stok aman," ujar Imran Jamil kepada wartawan di Madiun, Rabu.

Menurut dia, untuk mengantisipasi tingginya permintaan BBM selama arus mudik dan balik Lebaran 2019, pihaknya telah menambah jumlah pasokan.

Setiap hari, permintaan BBM di wilayah kerjanya mencapai sekitar 1.000 KL atau 1 juta liter. Adapun, konsumsi BBM terbanyak berada pada jenis premium, pertalite, dan pertamax.

"Untuk permintaan sudah kami antisipasi dengan melakukan penambahan stok di SPBU yang berpotensi ada lonjakan permintaan BBM," kata dia.

Ia menambahkan, Pertamina Madiun juga akan menyediakan SPBU kantong di jalur Tol Ngawi-Kertosono selama arus mudik dan balik Lebaran 2019 berlangsung.

Selain itu, Pertamina saat ini fokus memenuhi kebutuhan SPBU-SPBU di tempat-tempat jalur wisata dan daerah padat pemudik.

Ia mengatakan, dengan berbagai persiapan tersebut, para pemudik dan masyarakat tidak perlu cemas dan panik sebab secara umum, stok dan pasokan BBM di wilayah Madiun dan sekitarnya sangatlah aman.

Baca juga: Pertamina salurkan bantuan Rp50 juta bagi korban banjir Madiun

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019