Polres Malang Kota antisipasi macet saat libur Lebaran 2019

Polres Malang Kota antisipasi macet saat libur Lebaran 2019

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri saat memberikan keterangan di Polres Malang Kota, Jawa TImur, Rabu (29/5/2019). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pihak Kepolisian Malang Kota, Jawa Timur, menyatakan tengah menyiapkan langkah antisipasi guna mengurai kemacetan yang terjadi di daerah itu memasuki musim libur Lebaran 2019.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri di Malang, Rabu mengatakan, pihaknya akan menerjunkan petugas kepolisian di lokasi-lokasi yang rawan terjadi kemacetan. Jika perlu dilakukan rekayasa lalu lintas.

"Semua tergantung situasi, pada saat terjadi kemacetan dan diperlukan rekayasa, akan kami lakukan. Namun, jika tidak bisa, kami akan mengatur secara normal," kata Asfuri.

Pada pengamanan libur Lebaran 2019, diterjunkan sebanyak 620 personel gabungan yang terbagi dari 430 personel berasal dari kepolisian, 60 orang personel dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan sisanya gabungan dari Pramuka dan para relawan.

Asfuri menjelaskan, para petugas kepolisian yang akan mengatur lalu lintas kendaraan di Kota Malang pada libur Lebaran 2019 tersebut, akan disiagakan di perlintasan-perlintasan rawan macet.

"Di Kota Malang, di setiap perlintasan yang memiliki lampu lalu lintas, kami tempatkan personel untuk mengurai kemacetan," kata Asfuri.

Sebagai catatan, hasil penelitian lembaga analisis lalu lintas di seluruh dunia yang bermarkas di Inggris, Inrix, menyebutkan bahwa berdasarkan Traffic Score Board 2017, Kota Malang menempati posisi ketiga sebagai kota termacet di Indonesia, di bawah Jakarta, dan Bandung.

Kemacetan di Kota Malang, dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kemacetan yang terjadi di Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya. Padahal, Kota Surabaya tersebut, cenderung memiliki aktivitas dan mobilitas lebih tinggi dibanding Kota Malang.

Dengan masuknya musim libur Lebaran dan arus mudik 2019, diperkirakan jumlah volume kendaraan roda empat di Kota Malang akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Terlebih, beberapa waktu lalu Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 telah diresmikan.

"Fokus pada Operasi Ketupat Semeru adalah masyarakat, termasuk yang berwisata dan melakukan kegiatan di Kota Malang," ujar Asfuri.

Pihak Polres Malang Kota, pada libur Lebaran 2019 menyiagakan enam titik Pos Pengamanan di berbagai wilayah yang ada di Kota Malang, dan satu Pos Pelayanan di Stasiun Kota Malang Kota.

Enam titik pos pengamanan tersebut akan disiagakan di PDAM Lama Kota Malang Jalan Ahmad Yani, Terminal Arjosari, Simpang empat Sawojajar, Terminal Landungsari, Jalan KH Agus Salim, dan Pos Kacuk.

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019