Biak (ANTARA) - Bupati Kabupaten Biak Numfor, Papua Herry Ario Naap mengatakan buka puasa bersama di bulan puasa Ramadhan 1440 Hijriah yang digelar Pemkab Biak, Selasa,  sebagai wujud semangat toleransi kehidupan antar beragama yang harmonis di tanah Papua.

Herry mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga kerukunan dan toleransi kehidupan antar umat beragama untuk mewujudkan visi misi pemerintah menjadikan Biak yang religius, berkarakter dan berbudaya.

"Ibadah puasa tidak hanya mengajarkan kita menahan lapar dan minum tetapi dengan buka puasa bersama dapat meningkatkan nilai persaudaraan dan toleransi yang harus kita wujudkan dalam kehidupan," kata Bupati Herry.

Ia mengakui untuk melaksanakan berbagai program di Kabupaten Biak Numfor sangat diperlukan keterlibatan semua umat beragama.

Dengan semangat toleransi di bulan Ramadhan ini diharapkan setiap kebijakan program yang akan dilakukan pemerintah, menurut Herry, mendapat dukungan semua warga.

Sementara itu, Ustad Dr Ni'man Samad Lc dari Makassar mengatakan tujuan dari ibadah puasa untuk menjadikan manusia beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Ia berharap dengan berpuasa Ramadhan 1440 Hijriah umat Islam di Kabupaten Biak Numfor senantiasa mengamalkan nilai ibadah puasa dalam mewujudkan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pelaksanaan buka puasa bersama Pemkab Biak Numfor dihadiri pimpinan daerah, komandan satuan TNI-Polri, para tokoh agama, Ketua GKI Klasis Biak Selatan Pdt George Korwa S.Th, Ketua MUI Ustad Kamaruddin, Sekda Biak Markus O Mansnembra serta para kepala OPD.*


Baca juga: Buddha Tzu Chi adakan buka puasa bersama

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019