..seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang Lebaran Idul Fitri permintaan penyewaan mobil cukup banyak..
Palembang (ANTARA) - Pengusaha jasa penyewaan mobil di Palembang, Sumatera Selatan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 mulai banyak menerima peningkatan pesanan penyewaan kendaraan dibanding rata-rata hari biasa.

"Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri permintaan kendaraan sewa untuk mudik Lebaran ke sejumlah kota di Pulau Sumatera dan Jawa serta untuk jalan-jalan dalam kota bersilaturahim ke rumah teman dan keluarga mulai banyak," kata Pemilik usaha penyewaan mobil "Raffa Rent Car", Fadly, di Palembang, Sabtu.

Fadly menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang Lebaran Idul Fitri permintaan penyewaan mobil cukup banyak, bahkan melebihi dari jumlah kendaraan yang dimiliki.

"Hingga sekarang ini ada 20 unit mobil jenis minibus seperti kijang Innova dan Avanza yang sudah disewa warga kota ini untuk pulang kampung dan bersilaturahim di dalam kota," ujar Fadly.

Mobil yang disewa sebagian besar digunakan untuk perjalanan mudik dan balik Lebaran pada 29 Mei - 12 Juni 2019 dan sesuai perjanjian mobil jenis minibus itu akan dikembalikan paling cepat pada 16 Juni.

Mengenai tarif sewa mobil, untuk mobil jenis seperti kijang Innova yang dibawa sendiri oleh penyewa dikenakan biaya sewa Rp450.000 per hari dan mobil seperti Avanza atau Xenia disewakan Rp375.000 per hari, sedangkan jika penyewa membutuhkan sopir dikenakan biaya tambahan.

Biaya tambahan untuk jasa sopir pada hari biasa Rp100.000 per hari untuk dalam kota dan Rp150.000 per hari untuk perjalanan ke luar kota, namun untuk keperluan Lebaran biayanya sedikit naik berkisar Rp175.000 hingga Rp250.000 per hari, kata Fadly.

Sementara Yorry, pemilik "JMS Rent Car" menambahkan, menghadapi tingginya permintaan penyewaan mobil menghadapi Lebaran Idul Fitri 2019 ini, pihaknya membatasi jumlah mobil yang disewakan untuk mudik.

Pembagian unit kendaraan yang disewakan khusus untuk mudik Lebaran dan untuk pelanggan yang tidak mudik dilakukan agar seluruh pelanggan dapat dilayani dengan baik.

"Kami memiliki 25 unit mobil sewaan jenis kijang Innova, Xenia, dan Avanza, sebagian mobil disewakan untuk mudik ke luar kota, dan sebagian lagi disiapkan hanya untuk disewakan memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kota," ujar Yorry.

Baca juga: Dinas Kesehatan Sumsel siapkan 86 posko kesehatan di jalur mudik
Baca juga: Dishub Sumsel: arus mudik jalur darat akan lancar

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019