Rencananya jika jumlah kendaraan membeludak maka akan diberlakukan sistem genap ganjil
Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung berencana memberlakukan sistem genap ganjil di Tol Trans Sumatera saat terjadi penumpukan kendaraan pada arus mudik dan arus balik pada Lebaran 2019.

"Rencananya jika jumlah kendaraan membeludak maka akan diberlakukan sistem genap ganjil," kata Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad di Bandarlampung, Sabtu.

Menghadapi arus mudik mulai H-10 mendatang, Polda Lampung telah menyiapkan beberapa persiapan seperti pengecekan kelayakan jalan tol, rest area, kesiapan anggota, dan mengantisipasi tindak kriminalisasi pada arus mudik mendatang.

"Kami bersama Kakorlantas sudah mengecek kelayakan jalan tol yang akan dilalui. Kita juga sudah berkoordinasi dengan forum lalulintas dan angkutan jalan (LLAJ)," kata dia.

Selain itu, Polda Lampung khususnya pada Polres Lampung Selatan, sedang mengidentifikasi letak-letak titik rawan kejahatan pada jalur-jalur yang akan dilalui para pemudik.

"Untuk mengantisipasi tindakan kriminalitas anggota yang telah disiapkan nantinya akan ditempatkan di pos pengamanan (Pos Pam) maupun posko terpadu lainnya termasuk nantinya akan kita tempatkan di pelabuhan, bandara, terminal, stasiun dan lainnya," kata Pandra.

Baca juga: Gubernur Lampung - Dirjen Perhubungan Darat bahas kesiapan arus mudik

Baca juga: Gubernur minta Pemkab Lampung Selatan siap hadapi mudik

Baca juga: Polda Lampung petakan kerawanan kejahatan menjelang arus mudik

Pewarta: Hisar Sitanggang/Damiri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019