ACT bantu Palestina, Suriah dan Rohingya via 'Marhaban ya Dermawan'

ACT bantu Palestina, Suriah dan Rohingya via 'Marhaban ya Dermawan'

Ilustrasi - Petugas mengawasi pemindahan kontainer berisi logistik bantuan untuk korban gempa Sulawesi Tengah yang akan diberangkatkan menggunakan kapal Meratus Gorontalo di Pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/10/2018). (ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA)

Medan (ANTARA) - Menyambut bulan suci Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara (Sumut) membuat program 'Marhaban ya Dermawan'.

Program kemanusiaan ini bertujuan untuk mengajak para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menjadikan Ramadhan sebagai bulan akselerasi kedermawanan.

Kepala Cabang ACT Sumatera Utara Fadli Septavianra mengatakan akan membagi program ini dengan beberapa kegiatan.

"Baik itu skala lokal di Sumut maupun nasional dan juga luar negeri," katanya

Untuk kegiatan lokal, lanjut Fadli, dengan pembagian Paket Ramadhan, Paket Lebaran dan juga Kapal Ramadhan.

"Kapal ini nanti akan kita konsentrasikan ke Nias dan beberapa daerah lainnya di Sumatera Utara," lanjutnya.

Seluruh masyarakat dapat ikut serta dalam program tersebut dalam bentuk kemitraan dengan ACT Sumut.

"Bisa dari berbagai hal seperti memberikan bantuan untuk disalurkan oleh pihak kami maupun bergabung langsung dengan ACT dalam aksi pembagian paket tersebut," kata Fadli

Sementara program Ramadhan di luar negeri, ACT masih tetap fokus dengan bantuan kemanusiaan seperti bantuan kemanusiaan di Palestina, Sudan, Rohingya dan beberapa negara lain.

"Program luar negeri ke Palestina kita akan memberikan paket lebaran 50 ribu jiwa dan kita memiliki gudang disana untuk menyalurkan bantuan secara kontinu. Kita akan membangun rumah untuk keluarga syuhada," ujarnya

Di Suriah, sebanyak 6,2 juta jiwa tinggal di pengungsian dan mengalami krisis pangan luar biasa dan ACT akan berikan paket Ramadhan.

"Begitu juga di Rohingya. Intinya di Ramadhan kali ni ACT menawarkan berbagai paket kebaikan yang bisa disalurkan bersama-sama," katanya.*

Baca juga: ACT-PWJ berikan 160 hunian terpadu untuk korban bencana Palu

Baca juga: Potensi Pulau Salah Nama diangkat ACT Sumsel tingkatkan kesejahteraan
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019