Rekor jelajah sebelumnya yaitu tahun 2018 sepanjang 6.700 kilometer menyusuri Kalimantan, Sulawesi, Jawa Timur,
Padang (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga diwakili Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta melepas ajang sepeda santai bertajuk Gowes Nusantara 2019 di Padang, Minggu.

Isnanta mengungkapkan bahwa program itu bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam olahraga serta memasyarakatkan olahraga serta akan dilaksanakan di 50 titik kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

Ia juga mengungkapkan, pada Juli 2019 akan dimulai Jelajah Nusantara 2019 yang akan diikuti 20 atlet dengan endurance kuat mulai dari titik nol kilometer Marauke sampai ke Mataram di NTB.

"Tim akan menyusuri jalan, masuk Jayapura terus ke Manokwari, Maluku Utara, NTT, NTB dengan perkiraan jarak tempuh lebih 3.000 kilometer," ujarnya.

Ia mengungkap, rekor jelajah sebelumnya yaitu tahun 2018 sepanjang 6.700 kilometer menyusuri Kalimantan, Sulawesi, Jawa Timur.

Nina Puspawardani, salah satu peserta Jelajah Nusantara 2019 yang hadir di Padang mengungkap, dirinya sudah mempersiapkan diri sejak dua bulan terakhir dengan latihan rata-rata 60 kilometer setiap hari di sekitar Solo.

Dara yang berstatus Mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Solo itu menjadi salah satu pesepeda wanita yang ikut memecahkan rekor jelajah tahun 2018 lalu dan kembali ikut di tahun 2019.

Puncak kegiatan Gowes Nusantara 2019 menurut rencana akan digelar pada September, bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September.

Gowes Nusantara kali ini mengusung tema "Kita Semua Bersaudara" yang juga menjadi tema Haornas tahun ini.

"Kita ini meskipun berbeda golongan, kelompok, agama, ras, suku tapi tetap kita bersaudara," tambah Isnanta.

Kemenpora bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menggelar Gowes Nusantara tahun ini.

Pada acara itu Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN M Yani mengampanyekan Gerakan Kembali ke Meja Makan dengan harapan setiap keluarga memanfaatkan waktu makan untuk berkumpul di meja makan sehingga memperkuat komunikasi dalam keluarga.

Hadir pada acara itu Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti, dan Kepala Dispora Sumbar Adib Alfikri yang mewakili Gubernur Sumbar.

Tiga pejabat tersebut ikut mendampingi Raden Isnanta dan M Yani ikut bersepeda sekitar lima kilometer.

Diperkirakan ada lebih dari 6.000 pesepeda yang ikut memeriahkan Gowes Nusantara di Kota Padang.

Pewarta: Budi Santoso
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019