Tenaga-tenaga terampil dan bersertifikat untuk melaksanakan pekerjaan kontruksi yang ada di desa sangat diperlukan seiring dengan adanya peningkatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dari tahun ke tahun
Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) setempat menyiapkan 448 tukang bangunan umum bersertifikasi sebagai pelaksana dana desa, kata Kepala DPUPR Kabupaten Purbalingga Sigit Subroto.

"Sertifikasi tukang bangunan ini merupakan tindak lanjut dari surat Gubernur Jateng tentang Kewajiban Pekerja Konstruksi untuk Bersertifikat di Jawa Tengah dan surat Dirjen Bina Jasa Konstruksi Kementerian PUPR tentang Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi," katanya di Purbalingga, Selasa.

Sigit mengatakan hal itu saat memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan Pembekalan dan Sertifikasi Tukang Bangunan Umum Pelaksana Dana Desa di Owabong Cottage, Purbalingga, yang diikuti 448 tukang bangunan umum dari 224 desa.

Menurut dia, keberadaan tenaga-tenaga terampil dan bersertifikat untuk melaksanakan pekerjaan kontruksi yang ada di desa sangat diperlukan seiring dengan adanya peningkatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dari tahun ke tahun.

"Selama ini, sertifikasi tukang bangunan umum dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), namun jumlah tukang bangunan yang bersertifikat masih terbatas. Oleh karenanya dengan adanya percepatan ini, saya kira merupakan kesempatan baik untuk bisa mencetak sebanyak-banyaknya tukang bangunan bersertifikasi di Purbalingga," katanya.

Ia mengharapkan dengan adanya sertifikasi tersebut, tukang bangunan di Purbalingga mampu melaksanakan tugasnya dengan baik karena saat proses pelelangan, kontraktor atau rekanan biasanya disyaratkan melampirkan sertifikat keahlian yang dimiliki tenaga-tenaga kerjanya.

Dengan demikian, kata dia, sertifikat maupun tenaga tukang bangunan berserifikasi tersebut bisa digunakan ketika yang bersangkutan ikut bekerja pada kontraktor.

Lebih lanjut, Sigit mengatakan pembekalan dan sertifikasi tukang bangunan umum pelaksana Dana Desa tersebut dilaksanakan selama dua hari hingga Rabu (27/3) dengan menghadirkan narasumber dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah Surabaya.

"Nanti juga ada praktik dan dilanjutkan ujian yang dilaksanakan besok (27/3) oleh LPJK Jawa Tengah. Tukang bangunan yang lulus ujian akan menerima sertifikat yang akan diserahkan bersama-sama pada tanggal 7 April 2019 di Purworejo," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia mengharapkan seluruh peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan baik sehingga nantinya kualitas konstruksi di Purbalingga pun akan makin baik. 

Baca juga: Federasi akan Sertifikasi 1 Juta Pekerja Bangunan

Baca juga: Semen Gresik sertifikasi 1.200 tukang bangunan

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019