Gemar makan ikan, dikampanyekan PKK NTB

Gemar makan ikan, dikampanyekan PKK NTB

Program Gemar Makan Ikan Pedagang menata ikan di Pasar Ikan. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Mataram (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengkampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat di provinsi itu.

"Saya siap menyukseskan program gemar makan ikan dan program-program PKK lainnya," ujarnya saat menerima sosialisasi Badan Ketahanan Pangan dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) di Pendopo Gubernur NTB di Mataram, Selasa.

Istri Gubernur NTB Zulkieflimansyah ini, menyatakan kesiapannya sebagai Ketua TP PKK sekaligus sebagai Ketua Forikan NTB untuk bekerjasama dengan stake holder terkait dalam mendukung program pemerintah tersebut.

Untuk itu, menurutnya perlu adanya sosialisasi untuk mengkampanyekan dan memperbanyak produk berbahan dasar ikan, misalkan olahan nugget, otak-otak, cilok dan berbagai panganan bahan dasar ikan lainnya.

"Banyak yang bisa kita lakukan dan disinergikan bersama, mengingat kita juga memiliki masalah lain, yakni stunting yang patut menjadi perhatian bersama," lanjutnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, Lalu Hamdi mengatakan kegiatan Forikan yang rutin diadakan tiap tahun ini, mengajak semua unsur masyarakat dan pemerintahan agar gemar memakan ikan sehingga dapat menjadi budaya, agar tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Namun demikian, menurut Hamdi, tantangan yang dihadapi di masyarakat saat ini adalah tingkat konsusmsi makan ikan di NTB yang masih sangat kurang. Untuk itu dengan adanya Forikan, diharap dapat merubah pola pikir masyarakat agar mau mengajak keluarga mengkonsumsi ikan sejak dini.

Baca juga: Kampanye gemar ikan sasar pelajar SD

Baca juga: Pemerintah sosialisasikan makan ikan ke pondok pesantren

Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019