Pemkab Belitung bentuk satgas sampah

Pemkab Belitung bentuk satgas sampah

Ilustrasi. Yanti (8 tahun) berenang untuk mengumpulkan sampah plastik di sampan kecilnya di perkampungan nelayan di Kelurahan Petoaha, Abeli, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (5/2/2019). Beberapa anak SD di perkampungan setempat mengisi waktu libur sekolah dengan mengumpulkan sampah plastik sambil menjelajah Teluk Kendari untuk bisa memperoleh Rp25 ribu per hari. ANTARA FOTO/Jojon/foc.

Tanjungpandan, Babel (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), membentuk satuan tugas (satgas) yang akan menangani persoalan sampah dan kebersihan lingkungan di daerah itu.

"Kami akan segera luncurkan satgas khusus patroli kebersihan. Nantinya diharapkan setiap kelurahan ataupun desa bisa membentuk satgas ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Ubaidilah di Tanjungpandan, Babel, Minggu.

Ia menjelaskan satgas khusus patroli kebersihan itu akan bergerak setiap saat dan mengintensifkan pengangkutan sampah di beberapa lokasi tempat pembuangan sementara sehingga tidak mengalami penumpukan dan menimbulkan bau.

"Mereka juga akan dilengkapi dengan nomor pengaduan atau nomor koordinasi apabila ada laporan sampah menumpuk maka akan segera mereka angkut," ujarnya.

Ia meminta kepada lurah dan kepala di desa di daerah itu untuk mulai menertibkan tempat-tempat pembuangan sampah ilegal yang sering digunakan oleh masyarakat umum membuang sampah secara sembarangan.

"Nantinya setiap desa dan lurah juga akan kami bantu dengan dua buah kotak sampah untuk menanggulangi permasalahan sampah dan program satgas ini," tambahnya. 

Ia mengatakan satgas sampah tersebut dibentuk sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam menjaga lingkungan tetap bersih.

"Ini juga dalam rangka mempertahankan penghargaan Adipura, tentu harus ditunjukkan bahwa penghargaan itu layak kita terima," lanjutnya.

Baca juga: Menteri Lingkungan Hidup soroti penanganan sampah Depok

Baca juga: Pengelolaan sampah terpadu ubah perilaku warga

Baca juga: Bupati Penajam berlakukan larangan kantong plastik

 
Pewarta : Ahmadi
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019