London (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani, mengumumkan, sepanjang 2019 akan dimanfaatkan sebagai ajang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Italia, dengan penekanan pada optimalisasi kerja sama bidang ekonomi kreatif dan UMKM kedua negara.

Hal itu disampaikan Dubes dalam acara Updates from Indonesia, dan kumpul media massa dalam rangka menyampaikan resume Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2019 sekaligus perkembangan kerja sama Indonesia dan Italia periode 2017-2018 dalam berbagai bidang kepada media Italia.

Sekretaris Kedua Penerangan Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Indonesia di Roma, Aisyah Allamanda, Kamis, mengatakan, kedua gelaran itu diadakan di Wisma Indonesia Roma, Selasa (15/1).

Selanjutnya, Wakil Kepala Perwakilan Indonesia di Italia, JS George Lantu, menyampaikan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan Kedutaan Besar Indonesia di Roma dalam kaitan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Italia.

Dia katakan, hubungan diplomatik kedua negara secara resmi dimulai sejak pengakuan Italia terhadap kemerdekaan Indonesia pada 1949.

Acara juga diisi paparan mengenai pentingnya peningkatan kerja sama antara Italia dengan Indonesia, yang disampaikan Kepala Subdit Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia, Valentina Muiesan.

Indonesia dipandang sebagai contoh masyarakat pluralistik yang mampu hidup berdampingan secara harmonis sehingga dapat dijadikan mitra utama dalam dialog lintas agama dan lintas budaya.

Analis Center for International Studies (CeSI), Francesca Manenti, menyebutkan, Indonesia merupakan mitra penting Italia dalam kerja sama penanggulangan terorisme.

Indonesia juga menjadi contoh sukses upaya deradikalisasi. Lembaga CeSI merupakan think tank terkemuka Italia yang mengkaji isu-isu global.

Wakil Direktur ENI, Francesca Dionisi, menyebutkan, perusahaan migas milik negara Italia tersebut akan terus mengembangkan kerja sama eksplorasi energi dengan Indonesia yang telah dimulai sejak tahun 2001.

Sementara itu, Kepala Hubungan Internasional RAI Group, Simona Martorelli, menyampaikan grup media terbesar Italia itu telah menjalin kerja sama dengan televisi nasional Indonesia TVRI sejak 2018.

Diharapkan, kolaborasi di bidang informasi dan media tersebut akan dapat meningkatkan saling pengertian antara masyarakat kedua negara.

Wakil dari Asosiasi Indonesia Meets Italy, Jacopo Cappuccio, menerangkan, dewasa ini hubungan antar warga Indonesia-Italia semakin baik seiring meningkatnya berbagai kegiatan promosi sosial budaya Indonesia di Italia.

Hal ini ditandai dengan terus meningkatnya angka kunjungan wisata Italia ke Indonesia. Asosiasi Indonesia Meets Italy aktif setiap tahunnya menyelenggarakan Festival Film Indonesia di Florence, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Roma.

Andayani menyampaikan apresiasi atas seluruh kontribusi mitra Kedutaan Besar Indonesia di Roma dalam meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara. Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas ungkapan simpati dan bantuan dalam berbagai bentuk dari Pemerintah dan masyarakat Italia pada saat Indonesia dilanda bencana alam.

Para utusan media yang hadir sampaikan penghargaan atas inisiatif pelaksanaan kegiatan media gathering tersebut yang dinilai dapat memberikan pemahaman lebih baik tentang kerja sama kedua negara. Kegiatan juga diliput RAI News24, kanal berita utama nasional di Italia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019