Jakarta (ANTARA News) - Capres nomor urut 01 Joko Widodo menyebut persiapannya bersama cawapres Ma'ruf Amin selama sekitar 2,5 jam untuk mengikut debat sudah mantul (mantap betul).

Joko Widodo (Jokowi) yang datang ke Gedung Djakarta Theater Jakarta Pusat, Rabu malam sekitar pukul 19.30 WIB mengatakan sudah mantap dalam menghadapi debat capres putaran pertama pada 17 Januari 2019 atau sehari lagi.

"Namanya pemantapan, ya, mantaplah, mantul mantul," kata Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan berpeci hitam.

Ia keluar dari gedung tersebut sekitar pukul 21.50 WIB didampingi oleh penasihat hukumnya Yusril Ihza Mahendra.

Jokowi yang saat keluar dari gedung tersebut tidak bersama cawapresnya Ma'ruf Amin mengaku kegiatan yang dilakukannya semalam sebelum acara debat capres lebih merupakan persiapan, pemantapan, dan evaluasi terhadap penguasaan materi.

Ia tidak banyak memberikan keterangan detail kepada wartawan. Ia terlihat lebih banyak tersenyum dan mempersilakan Yusril untuk menjelaskan lebih panjang kepada wartawan.

"Ya, ini persiapan, pemantapan, dan evaluasi terutama memang untuk materi-materi. Untuk lebih jelasnya biar Prof Yusril yang menyampaikan. Silakan Prof," katanya.

Yusril pun mengatakan bahwa sebagai penasihat hukum Jokowi-Ma'ruf, ia dilibatkan dalam persiapan debat capres untuk memberikan masukan dari sisi hukum dan HAM.

"Jadi, materi-materi yang sudah dihimpun dari media, dari sosmed, isu yang berkembang di masyarakat sudah dirangkum, dianalisis, dan dimantapkan baik oleh Pak Jokowi sendiri maupun oleh Pak Ma'ruf Amin, oleh karena besok beliau akan hadir dalam debat capres sesi pertama dan dari pemantapan tadi insya Allah besok akan lebih baik," kata Yusril.

Saat ditanya kostum atau pakaian yang akan dipakai, Jokowi hanya tertawa.

"Ya, yang jelas besok pakai pakaian hahaha.
Sudah, sudah, sudah. Prof makasih," katanya sambil menyalami Yusril dan meninggalkan tempat tersebut.

Baca juga: Prabowo-Sandi gelar simulasi debat bersama ahli

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2019