Jakarta (ANTARA News) - Dinas Sosial DKI Jakarta memberikan bantuan berupa makanan siap saji dan pakaian untuk korban kebakaran di Jalan Jelambar Utama 4 Gang Abadi RW 08, RT 07 dan 08, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (4/1) malam.    
   
Kepala Bidang Perlindungan Sosial dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Tarmijo Damanik di Jakarta, Sabtu, menyebut 370 orang menjadi korban kebakaran.  

Pihaknya menyediakan 370 makanan siap saji melalui Dapur Umum Suku Dinas Sosial Jakarta Barat dan Dinas Sosial DKI Jakarta selama tujuh hari kedepan.    
   
"Jika dibutuhkan akan ada perpanjangan sesuai kondisi dan situasi di lokasi pengungsian. Siang hari ini sebanyak 370 boks makanan siap saji didistribusikan oleh Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB) yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana)," ujar Tarmijo.   
   
Selain bantuan makanan siap saji, pihaknya juga mendistribusikan bantuan kebutuhan dasar berupa mi cepat saji (instan) 15 dus, biskuit 13 dus, ikan kaleng 6 dus, kecap 2 dus, minyak goreng 2 dus dan air mineral 45 dus.    
   
Kebutuhan lainnya juga didistribusikan seperti selimut 130 lembar, kaos kerah 100 lembar, kain panjang 50 buah, daster 50 buah, sarung 50 buah, pakaian anak-anak lima paket, perlengkapan mandi 95 paket dan matras 10 lembar.
   
Terpal 15 lembar, seragam sekolah 60 stel, celana dalam laki-laki 60 buah, celana dalam wanita 60 buah dan pakaian dalam wanita 60 buah.    
   
"Kebutuhan itu sifatnya masih sementara. Petugas kami di lapangan sedang berkoordinasi dengan aparat setempat untuk mengakomodir kebutuhan apa saja yang kurang, nanti akan kami didistribusikan lagi," ungkap Tarmijo Damanik.    
   
Saat ini korban telah berada di lokasi pengungsian yaitu Mushala Hiknatul Amin dan tenda pengungsian yang didirikan oleh Tagana Suku Dinas Sosial Jakarta Barat. Total ada dua tenda pengungsian yang saat ini telah berdiri di dekat lokasi kebakaran.
   
Api melalap 92 rumah di dua RT di Jalan Jelambar Utama 4 Gang Abadi RW 08, RT 07 dan 08, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (4/1) malam. Masing-masing 75 rumah di RT 07 dan 17 rumah di RT 08 kawasan tersebut. Luas area kebakaran mencapai 3.750 meter persegi.
   
Total yang terdampak dalam kebakaran tersebut sekitar 365 jiwa. Estimasi kerugian akibat kebakaran di wilayah tersebut sampai sekarang masih dalam proses penyidikan. 
Baca juga: Warga korban kebakaran Jelambar istirahat di tenda dinsos
Baca juga: Lima orang luka-luka dalam kebakaran puluhan rumah di Grogol


Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019