Polres Bogor maksimalkan penempatan personel di jalur Puncak

Polres Bogor maksimalkan penempatan personel di jalur Puncak

Arsip: Kendaraan roda empat menggunakan jalur "contraflow" menuju arah Sukabumi di pintu keluar Tol Jagorawi KM 44, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/12/2018). Tingginya volume kendaraan menuju Puncak Bogor menyebabkan jalur menuju arah Sukabumi tersendat sehingga Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/kye.

Bogor (ANTARA News) - Satlantas Polres Bogor Kabupaten, Polda Jawa Barat, akan memaksimalkan penempatan personel di sepanjang jalur menuju Puncak untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas menjelang tahun baru.

"Prediksi arus lalu lintas meningkat pada tanggal 30 dan 31 Desember. Kami maksimalkan penempatan personel di sepanjang jalur Puncak," kata Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lantas Polres Bogor Kabupaten, Iptu Vino Lestari, saat ditemui di Pos TMC Polres Bogor Simpang Gadog, Sabtu.

Menurut Vino, arus lalu lintas diprediksi meningkat dibanding hari-hari sebelumnya karena bersamaan dengan momen promosi yang ditawarkan sejumlah hotel di kawasan Puncak.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat banyak memanfaatkan momen tersebut, sehingga terjadi lonjakan arus lalu lintas kendaraan yang ingin ke Puncak untuk merayakan malam pergantian tahun.

"Biasanya hotel-hotel memberi tarif promo tahun baru untuk paket menginap di tanggal 30 dan 31 Desember, jadi banyak yang memanfaatkan momen itu ke Puncak," kata Vino.

Ia mengatakan, sejak H-7 Natal hingga H+7 tahun baru 2019, Satlantas Polres Bogor Kabupaten telah menyiagakan sekitar 250 personel yang melibatkan unsur Shabara dan anggota Satlantas.

"Personel kita tempatkan di sejumlah ruas jalan dan persimpangan di sepanjang jalur Puncak," kata Vino.

Selain penguatan personel, Polres Bogor Kabupaten juga mendirikan sejumlah posko pengamanan yang disebar di sejumlah titik, di antaranya Pos Gadog, Pos Cimory Dua, Pasar Atas dan At-Tawaun.

Sementara itu, lalu lintas jalur Puncak hari ini masih tergolong normal seperti akhir pekan biasanya. Menurut Vino, kepadatan terjadi pada pagi hari, antrean kendaraan terjadi hingga mendekati gerbang tol atau sekitar empat sampai lima kilometer dari Simpang Gadog.

"Arus lalu lintas meningkat pagi hari, kita berlakukan satu arah lebih awal dari pukul 07.00 sampai seluruh arus terserap ke atas (Puncak)," kata Vino.

Baca juga: Banser siap bantu pengamanan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Kapolda Sumsel pantau kondisi keamanan di OKU
Baca juga: Polda Metro kerahkan 20.000 anggota amankan Tahun Baru
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018