Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi dampak hujan dan angin kencang yang kemungkinan turun di 11 wilaya Jakarta Selatan hingga pukul 18.30 WIB, Selasa. 

Peringatan dini yang dikeluarkan oleh Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta itu, ditujukan untuk wilayah Setiabudi, Tebet, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pancoran, Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Cilandak, Pasar Minggu, dan Jagakarsa.

BPBD DKI Jakarta menyebut, peringatan dini itu mengacu pada prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebut, hujan berintensitas sedang-lebat disertai angin kencang akan turun di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mulai pukul 16.25 WIB sampai pukul 18.30 WIB, Selasa. 

"Untuk para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), dan segera tindak lanjuti genangan," sebut BPBD DKI Jakarta dalam siarannya, Selasa.

Di samping 11 wilayah di Jakarta Selatan, BPBD DKI Jakarta turut menghimbau agar masyarakat dan aparat pemerintah kota lainnya agar turut bersiap. 

Wilayah lain yang diminta untuk siaga mengantisipasi dampak dari hujan dan angin kencang, diantaranya Tebet, Menteng, Tanah Abang, Grogol Petamburan, Palmerah, Gambir, Senen, Matraman, Sawah Besar, Kemayoran, Cempaka Putih, Johar Baaru, Tanjung Priok, Pademangan, Pulo Gadung, Kepala Gading, Jatinegara, Makasar, Pondok Gede, juga Ciracas. 

Tidak hanya itu, wilayah lain yang masuk daftar peringatan dini, antara lain, Cipayung, Pasar Rebo, Duren Sawit, dan Cakung. 

Dalam kesempatan berbeda, BPBD DKI Jakarta turut memperbarui informasi tinggi permukaan sejumlah pintu air di ibukota. 

Hingga pukul 15.00 WIB, Selasa, tinggi permukaan air 10 pintu air di DKI Jakarta masih terbilang aman. Namun, tinggi permukaan air di Pintu Air Pasar Ikan cenderung tinggi di kisaran 210 centimeter pada pukul 09.00 WIB. 

Walau demikian, tinggi air di Pintu Air Pasar Ikan terus menurun hingga mencapai batas aman 170 cm pada pukul 15.00 WIB. 

Baca juga: BPBD DKI Jakarta siarkan peringatan dini untuk 13 wilayah Jakarta Selatan
Baca juga: BPBD DKI Jakarta keluarkan peringatan dini cuaca

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018