Pemerintah pusat apresiasi pemda tentang Kebijakan Satu Peta

Pemerintah pusat apresiasi pemda tentang Kebijakan Satu Peta

Dokumentasi Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko (ketiga dari kiri). (ANTARA News/Aji Cakti)

Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengapresiasi kesadaran dan semangat pemerintah daerah yang berlomba-lomba dalam menyiapkan data untuk Kebijakan Satu Peta (KSP).

"Rekan-rekan di daerah sudah ada kesadaran dan semangat bersama untuk bisa menyesuaikan menuju pada One Map Policy," ujar Moeldoko, di Jakarta, Selasa.

Dia juga mengapresiasi bahwa menurut informasi dari Kepala Badan Informasi, saat ini pemerintah-pemerintah daerah berlomba-lomba dalam menyiapkan data-data lebih akurat kendati menggunakan APBD.

"Ada kesadaran yang paling penting, jadi tidak hanya mengandalkan (pemerintah) pusat tapi di daerah-daerah sudah berlomba-lomba membuat mapping tersebut," kata Moeldoko usai memberikan penghargaan Bhumandala Award.

Program Kebijakan Satu Peta merupakan salah satu agenda prioritas Nawa Cita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Manfaat dari kebijakan ini di antaranya mendukung online single submission untuk kemudahan dan kepastian investasi, mendukung kebijakan reformasi agraria, perhutanan sosial dan pemanfaatan sumber daya alam yang lestari, mendukung penyediaan lahan untuk proyek strategis nasional, serta mendukung perbaikan kualitas rencana tata ruang dan penyelesaian konflik pemanfaatan lahan.
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018