Mungkin kita bisa meniru Thailand yang maskapai nasionalnya diperbantukan untuk memasok bumbu dan bahan-bahan makanan guna mendukung bisnis restoran Thailand di luar negeri.
Jakarta (ANTARA News) - Restoran yang menyajikan kuliner khas Indonesia di luar negeri membutuhkan pasokan bumbu dari Tanah Air untuk dapat memenuhi permintaan akan cita rasa khas nusantara.

Hal tersebut dikatakan oleh Presiden Indonesain Diaspora Business Council Fify Manan dalam forum Innovation Network of Asia 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (6/12), demikian menurut keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, hanya sedikit bisnis kuliner Indonesia yang bertahan lama di luar negeri.

    
Padahal, Indonesia telah dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner yang begitu beragam. Bahkan, makanan khas Indonesia seperti rendang, nasi goreng dan sate telah masuk dalam daftar 50 makanan terenak di dunia, berdasarkan hasil survei pada tahun 2017.

“Pasokan bumbu-bumbu Indonesia seringkali tidak cukup sehingga pebisnis restoran Indonesia kesulitan memasak makanan khas Tanah Air yang kaya akan bumbu,” kata Fify..

Akibatnya, lanjut Fify, para pebisnis makanan Indonesia harus mengganti bumbu dengan bahan lain, dan tak jarang harga bahan pengganti itu justru lebih mahal, sehingga tak hanya rasa makanan jadi kurang otentik, harga masakan pun menjadi lebih mahal.

Bisnis kuliner dikatakan setidaknya 40 persen dari ekonomi kreatif di Indonesia, dan menurut Fify, harus ada kerja sama dengan pihak terkait untuk dapat menopang sektor tersebut.

“Mungkin kita bisa meniru Thailand yang maskapai nasionalnya diperbantukan untuk memasok bumbu dan bahan-bahan makanan guna mendukung bisnis restoran Thailand di luar negeri,” ungkapnya.

Indonesian Diaspora Business Council merupakan organisasi nirlaba yang mewadahi pebisnis diaspora dari mancanegara.*



Baca juga: Kuliner nusantara diserbu pengunjung Indonesia Expo

Baca juga: Restoran ini padukan kuliner Manado dan Minang

Baca juga: Indonesia hadirkan seni tari dan kuliner di Islamabad


 


Baca juga: Kuliner nusantara diserbu pengunjung Indonesia Expo     

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018