Tim bola basket Indonesia taklukkan Makau pada prakualifikasi Piala Asia

Tim bola basket Indonesia taklukkan Makau pada prakualifikasi Piala Asia

Logo Piala Asia FIBA. (Federasi Bola Basket Asia/FIBA)

Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional bola basket Indonesia tampil dominan saat mengalahkan Makau dengan skor 99-54 pada laga Grup A putaran pertama prakualifikasi wilayah timur Piala Asia FIBA 2021 yang berlangsung di Stadium 29, Thailand, Rabu.

Kemenangan itu menjadi yang pertama bagi Indonesia di prakualifikasi wilayah timur setelah sebelumnya ditaklukkan Malaysia 61-70 di pertandingan perdana, Senin (26/11).

Berikutnya, Indonesia menatap laga putaran kedua wilayah timur. Mereka akan menghadapi tiga tim dari Grup B yakni Guam (29/11), Singapura (30/11) dan Thailand (1/12). Malaysia dan Makau juga akan mengikuti putaran kedua ini.

Dalam laga kontra Makau, pada kuarter pertama Indonesia sempat kesulitan mengembangkan permainan sehingga laga berjalan dengan skor yang ketat meski akhirnya Indonesia tetap unggul 22-20.

Di kuarter kedua, Indonesia mulai menemukan bentuk terbaik dan memimpin jauh 41-25 saat laga berjalan lima menit. Indonesia menutup kuarter ini dengan keunggulan 53-32.

Setelahnya, langkah Indonesia tak terbendung lagi. Anak-anak asuh Fictor Roring menaklukkan lawannya 74-41 di akhir kuarter tiga dan menutup laga dengan kemenangan 99-54.

Point guard Indonesia Andakara Prastawa menjadi bintang di tim dengan menyumbangkan angka tertinggi 19 poin, tiga rebound dan tiga assist.

Sementara di kubu Makau, big man Hip Meng Lo membukukan torehan terbaik dengan membuat 22 poin dan tiga rebound.

Sebagai informasi, sebanyak empat tim terbaik dari prakualifikasi wilayah timur ini akan lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2021 yang rencananya berlangsung pada 2019.

Indonesia sendiri ditargetkan lolos ke Piala Asia 2021 demi tampil di Piala Dunia pada tahun 2023, di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

FIBA mewajibkan Indonesia berada di posisi delapan besar Piala Asia 2021 agar dapat tampil di putaran final Piala Dunia 2023.

 
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018