"Saya berkeliling di kampus-kampus ini untuk meneguhkan lagi bahwa sekolah transportasi di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BPSDM Kemhub harus berbuat semaksimal mungkin baik dari segi kualitas maupun juga kuantitas
Kabupaten Tangerang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Republik Budi Karya Sumadi menginginkan sekolah-sekolah transportasi berupaya semaksimal mungkin mencetak sumber daya manusia (SDM) baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

"Saya berkeliling kampus-kampus ini untuk meneguhkan lagi bahwa sekolah transportasi di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BPSDM Kemhub harus berbuat semaksimal mungkin mencetak SDM baik dari segi kualitas maupun juga kuantitas," ujar Menhub di Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu.

Berkeliling ke sekolah-sekolah transportasi tersebut dilakukan oleh Menhub sebagai bagian dari kebijakan pemerintah yang mencanangkan tahun 2019 sebagai tahun SDM.

"Kualitas kita ingin sekali mereka memiliki kualitas yang baik, sebagai contoh kita sudah meluluskan mereka tetapi ada sebagian yang belum sempat bekerja kita sekolahkan lagi agar mereka bisa bekerja dengan baik," kata Budi Karya usai menutup Program Pendidikan dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (DPM) di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug.

Pendidikan dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (DPM) merupakan Program Strategis Nasional (PSN) penerjemahan dari Perintah Presiden Republik Indonesia dalam Nawacita, yaitu negara hadir di tengah masyarakat. 

Program DPM sudah dimulai sejak tahun 2015 dengan jumlah yang terbatas, dan mengalami peningkatan jumlah output dan penyediaan anggarannya dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018 Kemhub mendapatkan penugasan untuk melaksanakan DPM dengan target output 100.000 orang bersertifikat, yang menempel pada output Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

Jenis pelatihan yang diberikan dalam DPM ini berupa pelatihan teknik las listrik lingkungan bandara, pelatihan teknik instalasi listrik lingkungan bandara dan pelatihan teknik perawatan pendingin udara atau air conditioner (AC) lingkungan bandara.

"Ini juga kita harapkan mereka bisa masuk ke sektor-sektor informal," tutur Menhub Budi ketika hendak meninjau hasil program DPM tersebut.    

Baca juga: Menhub Budi Karya minta kesempatan kerja luar negeri diperluas




   

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2018