Ajak anak gemar makan ikan

Ajak anak gemar makan ikan

Ilustrasi - Sejumlah koki memasak ikan untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat saat kampanye Gemar Makan Ikan di area 'car free day' (CFD) Jalan Pahlawan, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (15/4/2018). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Magelang (ANTARA News) - Dinas Pertanian dan Pangan Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah melakukan kampanye gemar makan ikan dengan sasaran anak-anak guna meningkatkan angka konsumsi ikan oleh masyarakat setempat.

"Kampanye untuk mendorong kenaikan angka konsumsi ikan di Kota Magelang," kata Kepala Dispertan Pemkot Magelang Eri Widyo Saptoko di sela kampanye Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan) di kawasan tepi Sungai Progo di Kota Magelang, Selasa.

Hingga saat ini, tingkat konsumsi ikan masyarakat setempat masih relatif rendah, yakni 22,50 kilogram per kapita pertahun, sedangkan idealnya 31,40 kilogram.

Ia menyebut salah satu penyebab rendah tingkat konsumsi ikan, yakni kesadaran masyarakat terhadap manfaat mengonsumsi ikan. "Makan ikan belum menjadi budaya masyarakat," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa penyuluhan tentang kesadaran makan ikan sejak dini atau anak-anak sebagai salah satu upaya meningkatkan konsumsi ikan oleh masyarakat setempat. Anak-anak yang terbiasa makan ikan atau menu makanan berbahan baku ikan, katanya, akan tumbuh dan berkembang sebagai generasi yang sehat, cerdas, dan kuat.

Terkait dengan kampanye Gemarikan itu, Dispertan bekerja sama dengan masyarakat perikanan melakukan beberapa kegiatan kampanye Gemarikan 2018, antara lain penebaran benih ikan di sejumlah sungai yang mengalir di kota itu, lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman, acara panggung ceria anak, serta dongeng tentang ikan.

"Khusus untuk penebaran benih ikan, kita menyediakan ribuan benih untuk disebar di seluruh wilayah perairan di Kota Magelang, di antaranya di Sungai Progo ini kita menebarkan 50 ribu benih ikan, seperti nila, mujahir, karper dan nilem," kata Eri dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Magelang Yetty Biakti Sigit Widyonindito mengatakan makan ikan memiliki arti penting bagi kesehatan dan kecerdasan seseorang. "Dengan kegiatan seperti ini (kampanye Gemarikan, red.), diharapkan konsumsi makan ikan akan semakin meningkat karena ada pembiasaan sejak dini," katanya.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan kampanye makan ikan masih dibutuhkan dan akan terus digalakkan. "Agar angka konsumsi ikan bisa terus meningkat," katanya.*

Baca juga: Kampanye gemar ikan sasar pelajar SD

Baca juga: Perinus kampanyekan gemar makan ikan


 
Pewarta : Maximianus Hari Atmoko
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018