Kepulauan Sangihe (ANTARA News) - Kapal riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), KM Baruna Jaya VIII, saat ini berada di Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara untuk diperkenalkan kepada masyarakat.

"KM Baruna Jaya VIII, berada di pelabuhan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata Wakil Kepala Lipi, Bambang Subiyanto di Tahuna, Sulut, Sabtu.

Pihaknya ingin memperkenalkan kapal riset LIPI kepada masyarakat terutama generasi muda  dan kalangan pelajar yang ada di wilayah terdepan di perbatasan dengan Filipina itu, kata dia.

Dia mengatakan, masyarakat diberikan kesempatan untuk mengunjungi KM Baruna Jaya yang saat ini bersandar di pelabuhan Tahuna.

"Kami persilahkan masyarakat untuk naik di kapal dan melihat apa yang yang ada di dalam kapal riset LIPI ini," kata dia.

Menurut dia, selain memperkenalkan kapal riset, kehadiran KM Baruna Jaya VIII juga untuk memotivasi pelajar yang ada di Sangihe agar berusaha mengembangkan ilmu pengetahuan yang didapati di sekolah agar kelak menjadi peneliti.

"Semoga pelajar yang ada di Kepulauan Sangihe ada yang menjadi peneliti dan bergabung dalam LIPI," kata dia.

LIPI, kata dia, juga akan menyelenggarahkan Perkemahan Remaja Ilmiah Nasional khususnya untuk pelajar SMP dan SMA yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

"Perkemahan Remaja Ilmiah Nasional dilaksanakan tiap tahun, semoga dari Kepulauan Sangihe ada perwakilan yang diutus ke Kabupaten Banyuwangi," kata dia.

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menyambut baik kehadiran wakil kepala LIPI serta KM Baruna Jaya VIII di Sangihe.

"Kami menyambut baik kehadiran tim LIPI di daerah ini, semoga akan memotivasi para pelajar untuk berusaha dan berjuang menjadi seorang peneliti," kata dia.

  Baca juga: Kapal Indonesia Temukan 52 Spesies Biota Laut
Baca juga: LIPI Lepas Kapal Baruna Jaya Teliti Laut

 

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018