Jakarta perlu menjadi contoh prestasi bagi wilayah lain di Indonesia,
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melepas Kafilah Provinsi DKI Jakarta untuk mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Quran XXVII di Kota Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara, yang akan dibuka pada 7 Oktober 2014 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pelepasan ini berlangsung di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Kamis yang dihadiri oleh Kepala Biro Pendidikan Mental (Dikmental) Hendra Hidayat dan Walikota dari lima wilayah kotamadaya dan Bupati Kepulauan Seribu.

Anies menekankan agar kafilah yang bertanding meraih prestasi tertinggi dengan target juara satu. Karena itu, selama perjalanan menuju Medan dia meminta kepada peserta, pendamping, dan pelatih agar menjaga stamina dan konsentrasi dengan baik.

“Saudara semua yang berangkat, membawa emblem Provinsi DKI Jakarta di dada. Artinya, di setiap dada saudara membawa aspirasi warga DKI. Anda berangkat mewakili kita di sana. Karena itu, jaga baik-baik, ini tanda bahwa anda berangkat sebagai wakil, maka tunjukkan untuk bisa berprestasi,” kata Anies.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada setiap pelatih dan pendamping sebagai Provinsi DKI Jakarta siap  untuk berlaga di MTQ XXVII nanti.

“Oleh karena, orang tidak melihat proses pelatihannya yang panjang dan tidak terlihat. Jakarta perlu menjadi contoh prestasi bagi wilayah lain di Indonesia,” kata Anies.

Kafilah Provinsi DKI Jakarta berangkat pada tanggal 4 Oktober 2018 dan kembali pada tanggal 14 Oktober 2018. Adapun jumlah Kafilah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 100 orang, yang terdiri dari: 
1. Peserta Inti sejumlah 50 orang peserta putra dan putri
2. Peserta cadangan sejumlah 6 orang
3. Pelatih pendamping sejumlah 10 orang
4. Official sejumlah 25 orang
5. Pengarah/pembina dan pengawas sebanyak 7 orang

Selain mengirimkan kafilah, Provinsi DKI Jakarta juga mendukung penyelenggaraan MTQ Nasional dalam bentuk:

1. Pameran Lembaga-lembaga Keagamaan, pada kesempatan tahun ini Provinsi DKI Jakarta mengusung tema stand “Mushaf Betawi”.
2. Pawai Ta’aruf Kendaraan Hias, pada kesempatan tahun ini mengusung tema "Rumah Abaya sebagai Sarana Dakwah”.
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018