Palu (ANTARA News) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan fasilitas kesehatan darurat di Palu, Sulawesi Tengah, sudah bisa beroperasi menangani korban gempa dan tsunami di Palu.

Sekjen Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Adib Khumaidi, di Palu, Kamis, mengatakan saat ini dengan bantuan banyak pihak, Mobile Clinic dan RSUD di Palu sudah siap digunakan beserta ketersediaan logistik obat-obatan.

"Selain itu, PB IDI beserta Baznas akan membuat pos medis di bandara yang berfungsi untuk menscreening kondisi pasien yang meninggalkan atau kembali ke Palu," kata Adib.

Sejak H+1 gempa dan tsunami Sulteng, IDI bersama dengan TNI menurunkan tim medis dengan membawa bantuan medis melalui berbagai jalur: udara, darat (melalui Mamuju), serta laut.

RS terapung: KRI dr Soeharso saat ini telah berlabuh di pelabuhan Palu, sementara itu RS Terapung Ksatria Airlangga yang bertolak dari Kepulauan Alor dan Banda Neira dipastikan akan berlabuh hari ini di Donggala untuk menangani kondisi korban bencana di daerah tersebut.

Berdasarkan laporan assesment dari Tim Aju IDI yang diturunkan Sabtu, 29 September lalu, sekitar 80 persen korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tenggara membutuhkan penanganan ortopedi. Pergerakan tim dokter dan tenaga medis yang cepat tanggap menjadikan penanganan pasien yang membutuhkan operasi darurat segera tertangani.

Pada Rabu, 3 Oktober lalu, Adib yang merupakan spesialis ortopedi, beserta sejumlah tim medis IDI yang tergabung di berbagai organisasi turun langsung menangani korban gempa dan tsunami dengan membawa bantuan perlengkapan untuk operasi ortopedi beserta obat-obatan yang dibutuhkan menggunakan pesawat hercules C130 dari TNI AU yang berangkat dari Lanud TNI AU Makassar.

Setiba di RS Undata Palu, tim PB IDI segera melakukan koordinasi gabungan dengan pemerintah dan NGO terkait alur pelayanan dan kondisi di lokasi bencana.

"Kami sudah menerima laporan tim Aju sehingga setiba di sini, tim IDI dapat segera melakukan tindakan untuk meminimalkan risiko bagi para korban gempa dan tsunami," kata Adib yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia.

Sebelumnya, pada Jumat (28/9), terjadi gempa begitu besar yang mengguncang wilayah Palu dengan kekuatan 7,4 magnitudo yang disusul dengan terjangan gelombang tsunami di sepanjang garis pantai Donggala hingga kota Palu dan menyebabkan ribuan orang menjadi korban. ***4***

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018